get app
inews
Aa Read Next : Gunung Anak Krakatau Siaga, Ahli Tsunami: Secara Historis Pernah Menimbulkan Tsunami

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Meningkat, Sudah 9 Kali Letusan

Jum'at, 04 Februari 2022 | 19:51 WIB
header img
Gunung Anak Krakatau saat meletus beberapa waktu lalu. (Dok Susi Air)

BANDUNG, iNews.id - Aktivitas Gunung Anak Krakatau hari ini tercatat mengalami sembilan kali letusan. Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau sudah tercatat sejak dua hari terakhir.

Kepala PVMBG Andiani mengatakan, hari ini teramati letusan sebanyak sembilan kali, yaitu pada pukul 09:43, 10:25, 10:28, 12:46, 13:00, 13:31, 13:41, 14:46 dan 17:07 WIB. Letusan dengan tinggi kolom abu berkisar 800-1.000 meter di atas puncak dan warna kolom kelabu-hitam tebal. 

"Pemantauan visual mengindikasikan bahwa erupsi yang terjadi merupakan tipe magmatik, sejalan dengan kegempaan vulkanik yang terekam," jelas dia dalam keterangan resminya. 

Pada 3 Februari 2022, pihaknya juga mencatat peningkatan intensitas aktivitas Gunungapi Anak Krakatau berupa hembusan asap dan abu. Pada malam hari teramati sinar api di atas kawah. 

Sementara, aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau selama 16 Januari - 4 Februari 2022 ditandai dengan terekamnya gempa-gempa vulkanik dan gempa permukaan yang mengindikasikan adanya intrusi magma dari bawah ke permukaan secara bertahap.

Peningkatan intrusi magmatik kemungkinan mulai terjadi sejak 20 Desember 2021 yang diindikasikan dengan terekamnya gempa Vulkanik Dalam dan Vulkanik Dangkal  dalam jumlah yang cukup signifikan. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut