get app
inews
Aa Read Next : Alasan Pelaku Bunuh Saudara Ipar di Purbalingga: Emosi saat Istri Dipukul Korban

SMA Negeri 8 Jakarta Sambangi Serang Purbalingga, Ini Kegiatannya

Kamis, 25 Januari 2024 | 07:50 WIB
header img
Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga menjadi tuan rumah kegiatan Temu Sosial dan Ilmiah SMA Negeri 8 Jakarta (TeSIS).  (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga menjadi tuan rumah kegiatan Temu Sosial dan Ilmiah SMA Negeri 8 Jakarta (TeSIS). 

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menyampaikan selamat datang dan mengundang siswa untuk mengamati potensi dan masyarakat Purbalingga.

"Saya harap kalian dapat memahami kehidupan di desa ini. Berbeda dengan Jakarta yang metropolitan, di pedesaan, segala hal dibahas bersama dalam musyawarah. Jangan heran jika Pak Gito (Kades Serang) memiliki BUMDes dengan kepemilikan saham yang dimiliki oleh seluruh warga Serang," ujar Bupati Tiwi ketika membuka TeSIS SMAN 8 Jakarta pada Rabu (24/1/2023) di Lapangan Sekar Bintang, Desa Serang, Kecamatan Karangreja.

Bupati juga memperkenalkan potensi Kabupaten Purbalingga, termasuk pertanian sebagai penghasil gula kelapa yang dikenal hingga pasar internasional. Selain itu, potensi industri termasuk produsen bulu mata dan rambut palsu terbesar kedua setelah Guangzhou, serta potensi industri knalpot aftermarket.

"Wisata di Purbalingga masuk 5 besar di Jawa Tengah, termasuk Desa Serang yang dapat menghasilkan Rp 6 miliar per tahun. Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi badan usaha desa. Ada banyak hal yang bisa dipelajari untuk menambah wawasan dan menggali potensi," tambahnya.

Kepala SMAN 8 Jakarta, Mukhlis, menjelaskan bahwa TeSIS adalah program resmi yang dimiliki hanya oleh SMAN 8 Jakarta. Para siswa akan melakukan pengambilan data sosial dan ilmiah di desa selama 4 hari, dari tanggal 24 hingga 27 Januari 2024.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut