get app
inews
Aa Read Next : Apa itu Galbay Pinjol, Ini Penjelasan Rincinya

Ciri-ciri Handphone Disadap Pinjol Ilegal, Ponsel Panas hingga Kuota Habis

Kamis, 25 Januari 2024 | 19:20 WIB
header img
Ciri-ciri Handphone Disadap Pinjol Ilegal, Ponsel Panas hingga Kuota Habis. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Ciri-ciri handphone disadap pinjol ilegal perlu diketahui masyarakat. Terlebih pinjaman online (pinjol) ilegal kerap melakukan penyadapan pada perangkat pelanggannya.

Umumnya, pinjol melakukan tindakan peretasan dan mengambil data dari perangkat pengguna, seperti kontak telepon, galeri foto, dan layanan perbankan melalui ponsel. Oleh karena itu, masyarakat diingatkan untuk tetap waspada terhadap kemungkinan disadap oleh pinjol ilegal yang semakin marak.

Berikut ulasan yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber dikutip Kamis (25/1/2024). Inilah ciri-ciri handphone yang disadap oleh pinjol ilegal.

1. Ponsel Terasa Lambat atau Panas

Pinjaman online ilegal membutuhkan daya komputasi yang tinggi, mirip dengan proses penambangan kriptokurensi. Ponsel akan cepat kehabisan baterai karena bekerja lebih keras saat disusupi oleh pinjaman online ilegal, sehingga ponsel terasa lambat dan menghasilkan panas berlebihan.

2. Panggilan atau pesan dari nomor tak dikenal

Umumnya, sebelum terjadi penyadapan pada perangkat ponsel, tanda-tanda awalnya adalah munculnya panggilan dan pesan dari nomor yang tidak dikenal. Seringkali, pinjaman online ilegal akan melakukan tindakan mengganggu dan mengancam agar peminjam atau debitur membayar pinjaman yang mereka ambil.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut