get app
inews
Aa Read Next : Ini Catatan Prestasi 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Tiwi dan Wabup Sadono

Tak Lagi Menganggur, Pemuda Desa Kasih Garap Lahan Dusun untuk Tanam Jambu

Senin, 10 Mei 2021 | 04:57 WIB
header img
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menanam bibit jambu kristal di lahan yang digunakan untuk program padat karya di Desa Kasih, Purbalingga, Minggu (9/5/2021). (Foto: Humas Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNews.id- Cara jitu memangkas angka pengangguran, dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Kasih, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga, Jawa Tengah. Dampak pandemi, membuat mereka yang di perantauan pulang kampung dan menjadi pengangguran. Namun pemdes memiliki formula apik untuk mengatasi masalah itu.

Mereka yang sempat menganggur, oleh desa diberdayakan dalam kelompok pemuda tani yang diberi nama Surya Muda. Melalui kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), sebanyak 50 warga dipekerjakan untuk menanam sebanyak 2.000 bibit pohon jambu kristal merah di tanah dusun seluas 2 hektare.

"Melalui dana desa 2021 kami anggarkan padat karya tunai untuk memberi pekerjaan kepada mereka yang telah kehilangan pekerjaan. Kami memilih pertanian, sebab ini yang bisa dilakukan untuk memajukan ekonomi," ungkap Kepala Desa Kasih, Supriyadi.

Dana yang digelontorkan desa sebesar 200 juta rupiah untuk kegiatan padat karya tersebut. Anggaran sebesar itu dibagi menjadi dua keperluan, yakni 100 juta rupiah untuk belanja barang yang dibutuhkan, dan sisanya untuk para pekerja.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Supriyadi mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah daerah, agar program itu berjalan lancar dan sempurna. Support itu di antaranya fasilitas alat pertanian, seperti traktor.

"Tanah di sini adalah tadah hujan, jadi membutuhkan sumur bor untuk penyiraman ketika musim kemarau tiba," ujar Supriyadi.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi yang juga hadir pada saat penanaman perdana kegiatan tersebut mengatakan, padat karya merupakan program yang dicanangkan pemerintah pusat dan harus disukseskan bersama. Ia berharap, kegiatan itu dapat menginspirasi desa-desa lain di Purbalingga, dan padat karya ini bisa terus dilaksanakan demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami siap membantu melalui fasilitasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga. Termasuk, jika ada jalan usaha tani yang perlu dibangun, Pemkab siap memfasilitasi. Saya berjanji di anggaran perubahan kelompok Pemuda Tani Surya Muda akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Purbalingga," ucap Bupati Tiwi.

Sementara terkait dengan usulan pembangunan sumur bor untuk pertanian, realisasinya akan dikawal langsung oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga, Karseno yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) setempat. 

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut