get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Perahu Katir Mati Mesin di Perairan Nusakambangan, 4 ABK Berhasil Diselamatkan

Senin, 05 Februari 2024 | 11:37 WIB
header img
Perahu Katir Mati Mesin di Perairan Nusakambangan, 4 ABK Berhasil Diselamatkan. Foto: Dok Basarnas Cilacap

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Perahu Katir Lancar Jaya yang membawa empat Anak Buah Kapal (ABK) mengalami mati mesin di di wilayah Perairan Watu Cungur Nusakambangan Kabupaten Cilacap, Minggu (4/2). Keempat ABK tersebut berhasil diselamatkan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan jika pihaknya menerima informasi dari keluarga pemilik perahu jika perahu yang digunakan empat ABK untuk memancing sejak Minggu (4/2) pukul 06.30 WIB tak kunjung kembali ke dermaga Cilacap.

"Pada pukul 20.21 WIB, survivor yang merupakan ABK perahu mengirimkan informasi melalui sms kepada keluarga jika perahu yang digunakan mengalami mati mesin. Sehingga meminta bantuan untuk dilakukan penjemputan," kata Adah dalam keterangannya, Senin (5/2/2024).

Menurut dia, upaya Tim SAR Gabungan dari Basarnas Cilacap, Polairud Cilacap, Lanal Cilacap, HNSI Cilacap, Keluarga dan Masyarakat sekitar yaitu melakukan penyisiran ke lokasi kejadian mati mesin perahu katir Lancar Jaya dengan menggunakan RIB milik LANAL Cilacap.

"Tak lama berselang, Pukul 23.15 WIB Tim SAR Gabungan mendapatkan informasi dari nelayan jika survivor telah dievakuasi ke Dermaga Daun Lumbung dalam keadaan selamat," jelasnya.

Untuk mengkonfirmasi kebenaran tersebut, Tim SAR Gabungan kemudian diberangkatkan menuju Dermaga Daun Lumbung. Adapun keempat survivor yang selamat tersebut diantaranya Karsono (40), Damar (42), Karjo, dan Ade yang merupakan warga Kebon Sayur Kabupaten Cilacap. 

"Dengan telah dievakuasinya seluruh ABK dalam keadaan selamat, maka operasi SAR dinyatakan selesai. Seluruh unsur SAR terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut