get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Akibat Hujan Deras, 1 Warga Cimanggu Cilacap Tewas Usai Rumahnya Tertimbun Longsor

Selasa, 06 Februari 2024 | 10:57 WIB
header img
Akibat Hujan Deras, 1 Warga Cimanggu Cilacap Tewas Usai Rumahnya Tertimbun Longsor. Foto: Dok Basarnas

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Seorang warga Dusun Garawangi, Desa Cijati, Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah tewas setelah rumahnya tertimbun longsor. Hal ini disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Cilacap dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir, hingga menyebabkan bencana tanah longsor.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan jika kejadian tersebut terjadi pada Senin (5/2) kemarin sekitar pukul 17.00 WIB. Pihaknya yang mendapatkan informasi langsung memberangkatkan satu regu dari Unit Siaga SAR Banyumas menuju ke lokasi kejadian pada pukul 18.40 WIB.

"Hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut mengakibatkan satu rumah tertimbun tanah longsor dan mengakibatkan satu orang tertimbun," kata Adah dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024).

Menurut Adah, Tim SAR Gabungan langsung melakukan pencarian terhadap korban yang diketahui bernama Casih (62) Warga RT 02 RW 06 Desa Cijati, Kecamatan Cimanggu. Termasuk memberangkatkan kembali satu regu dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap untuk bergabung bersama potensi SAR yang sudah berada di lokasi kejadian sejak semalam.

"Upaya yang kita lakukan membuka jalur untuk menuju ke lokasi kejadian, karena banyaknya material longsor yang mengakibatkan kita kesulitan untuk sampai lokasi kejadian. Kita berjalan kaki ke lokasi beserta peralatan yang akan kita gunakan," jelasnya.

Setelah di lakukan pencarian, lanjut Adah, korban akhirnya berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pada Selasa (7/1) pukul 09.00 WIB dalam keadaan meninggal dunia. "Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan langsung di bawa rumah keluarga korban," ungkapnya.

Dengan di temukanya korban, maka Operasi SAR dinyatakan di tutup dan semua unsur Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Cilacap, TNI, Polri, Pemerintah Desa, BPBD Cilacap, SAR MTA, Serayu Rescue, Celengs Rescue, Mdmc, Sigap Persis Ciamis, IEA Cilacap dan Warga sekitar di kembalikan ke satuanya masing-masing.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut