get app
inews
Aa Read Next : Alasan Pelaku Bunuh Saudara Ipar di Purbalingga: Emosi saat Istri Dipukul Korban

Fakta Menarik Purbalingga, Tempat Lahir Jenderal Soedirman hingga Industri Knalpot dan Bulu Mata

Selasa, 06 Februari 2024 | 17:11 WIB
header img
Fakta Menarik Purbalingga, Tempat Lahir Jenderal Soedirman hingga Industri Knalpot dan Bulu Mata. Foto: Instagram

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Fakta menarik Purbalingga dengan segala pesona alam, wisata, industri hingga sejarah, perlu untuk diketahui masyarakat. Terlebih, Kabupaten Purbalingga yang berbatasan dengan Kabupaten Banyumas menjadikan Purbalingga sebagai salah satu daerah dengan bahasa 'ngapak'.

Berada di Provinsi Jawa Tengah, Purbalingga Kota Perwira ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Pemalang di utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di barat. Sedangkan secara geografis, Purbalingga berada di cekungan yang diapit beberapa rangkaian pegunungan, seperti Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng.

Lantas seperti apa fakta menarik Purbalingga, berikut ulasannya seperti dikutip dari website Kabupaten Purbalingga, Selasa (6/2/2024).

Fakta Menarik Purbalingga

1. Pembagian Administratif


Fakta Menarik Purbalingga, Tempat Lahir Jenderal Soedirman hingga Industri Knalpot dan Bulu Mata. Foto: Instagram @lovepurbalingga

 

Ibukota Kabupaten Purbalingga berada sekitar 21 kilometer sebelah timur Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Kabupaten yang berada di lereng Gunung Slamet ini sendiri terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan, dengan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Purbalingga.

2. Industri


Kisah Sukses Pabrik Rambut Palsu di Purbalingga, Mampu Ekspor ke Italia untuk Dongkrak Ekonomi Lokal. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

 

- Fakta menarik Purbalingga berikutnya adalah pusat perekonomian. Purbalingga juga dikenal sebagai kota industri, di mana banyak industri bulu mata dan rambut palsu yang di olah di Kabupaten Purbalingga. Dengan bahan baku rambut manusia, industri yang berdiri di kabupaten tersebut menjadikan bahan baku tersebut sebagai bulu mata palsu (eye-lash) atau juga dibuat 'wig' atau rambut palsu.

- Fakta menarik Purbalingga berikutnya adalah industri knalpot, di mana knalpot produksi Purbalingga merupakan transformasi dari industri kuali dan panci tembaga. Knalpot Braling sendiri cukup dikenal di kalangan pemilik mobil, sebagai alternatif suku cadang murah. 


Tugu Knalpot Purbalingga. Foto: Dok Pemkab Purbalingga

 

Tak heran jika bulu mata, rambut palsu hingga knalpot Purbalingga sebagian sudah diekspor ke berbagai negara di dunia. Bahkan bulu mata hingga wig asal Purbalingga kerap digunakan oleh selebritis dunia, dan knalpot Purbalingga digunakan oleh pabrikan mobil ternama di dunia.

3. Pariwisata


Gelaran Fashion Show di Balai Agung Goa Lawa, Purbalingga. Foto: Istimewa

 

- Fakta menarik Purbalingga selanjutnya adalah wisata alam seperti ‘Gua Lawa’ yang terletak di Kecamatan Karangreja atau 25 kilometer sebelah utara Purbalingga. 

- Obyek wisata lainnya adalah Desa Wisata Karangbanjar, yakni permukiman tradisional yang juga terdapat kerajinan rumah tangga; dan Monumen Jenderal Soedirman di Kecamatan Rembang.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut