get app
inews
Aa Read Next : Bacaan Doa dan Dzikir 10 Malam Terakhir Ramadhan, Umat Islam Dianjurkan Perbanyak Ibadah

Malam Isra Miraj 2024, Ini Doa dan Dzikir yang Dapat Diamalkan

Rabu, 07 Februari 2024 | 12:51 WIB
header img
Malam Isra Miraj 2024. Foto: ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Doa dan dzikir malam Isra Miraj 2024 perlu diketahui umat muslim. Terlebih, setiap 27 Rajab, Isra Miraj biasa di peringati, tahun ini Isra Miraj dilaksanakan pada hari Kamis 8 Februari.

Isra Miraj merupakan satu di antara mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam. Isra Miraj menjadi bukti kenabian dan kerasulan Nabi. 

Peristiwa Isra Miraj adalah saat Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam dipanggil untuk menghadap Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dengan keistimewaannya, Nabi melakukan perjalanan naik Buraq dan didampingi oleh Malaikat Jibril dari Makkah ke Masjid Al Aqsa di Palestina.

Dari sana, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam kemudian dinaikkan melewati pintu-pintu langit hingga mencapai Sidratul Muntaha (Miraj). Isra Miraj sangatlah istimewa karena peristiwa yang terjadi dalam prosesnya.

Peristiwa Isra Miraj memiliki nilai yang sangat penting bagi umat Islam, karena di sinilah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam menerima perintah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala mengenai kewajiban melaksanakan sholat lima waktu setiap hari.

Seperti dikutip dari Okezone, berikut bacaan doa dan dzikir malam Isra Miraj yang dapat diamalkan umat Muslimin:

Doa dan Dzikir Malam Isra Miraj

1. Istighfar

Isra Miraj dikatakan terjadi pada malam 27 Rajab, tetapi para ulama memiliki pandangan yang berbeda mengenai hal ini. Rajab sendiri merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam tahun Hijriah. Sangat dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan yang baik di bulan ini.

Salah satu amalan yang dapat dilakukan selama bulan Rajab adalah beristighfar. Tingkatkanlah istighfar selama bulan Rajab untuk memohon pengampunan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Karena pada bulan Rajab, Allah Ta'ala selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah memberikan teladan kepada umatnya untuk sering-sering memperbanyak istighfar (bacaan: Astaghfirullah) kepada Allah. Karena manusia tidaklah sempurna dan sering melakukan kesalahan serta dosa, maka penting bagi umat muslim untuk selalu menjaga istighfar dan tobat dalam setiap waktu.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia mendengar Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

"Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertobat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali." (HR Bukhari nomor 6307)

Dari Al Aghorr Al Muzanni, sahabat Nabi, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

"Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali." (HR Muslim nomor 2702) 

2. Doa selalu mengingat Allah

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Arab latin: Allahumma a'innee 'alaa dhikrika wa shukrika wa husni 'ibaadatika.

Artinya: "Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan sebaik-baik ibadah." 

3. Doa terlindung dari fitnah Dajjal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Arab latin: Allahumma inni a'udhu bika min 'adhaabil-qabr, wa min 'adhaabin-naar, wa min fitnatil-mahyaa wal-mamaat, wa min sharri fitnatil-masihi ad-dajjaal.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah kehidupan dan kematian, dan keburukan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal." 

4. Doa mohon ampunan dosa

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي وَاهْدِ

Arab latin: Allahumma ighfir lii warhamnii wa 'aafinii wa arzuqnii wahdinii.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, sayangilah aku, lindungilah aku dari penyakit dan musibah, berikanlah aku rezeki yang halal, dan beri petunjuk hidayah."

Itulah doa dan dzikir malam Isra Miraj 2024 serta waktu-waktu terbaik lainnya.

Allahu a'lam. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut