get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Kripik Daun Strawberry, Jadi Peluang Usaha Sajian Kuliner di Purbalingga

Deretan Makanan Unik di Purwokerto yang Rasanya Nylekamin Pisan

Rabu, 09 Februari 2022 | 19:31 WIB
header img
Dage makanan khas Purwokerto (dok Cookpad)

PURWOKERTO dikenal memiliki beragam kuliner yang lezat. Kuliner khas kaum penginyongan ini juga ada beberapa yang unik dan wajib kalian coba ketika berkunjung ke Kota Purwokerto, pokoknya rasanya nylekamin pisan (kosa kata dari daerah Banyumasan untuk mengungkapkan rasa enak yang teramat enak untuk sebuah makanan).

Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kota ini dikenal juga sebagai Kota Mendoan, karena itu tak heran mendoan selalu menjadi buruan bagi setiap pengunjung yang datang ke Purwokerto. Tapi selain mendoan, masih banyak kuliner lain yang rasanya tidak kalah enaknya dengan mendoan.

Maka dari itu, jika berkunjung ke kota ini, jangan lupa menikmati kuliner Purwokerto. Dari sarapan hingga makan malam ada beragam jajanan yang bisa dinikmati di Purwokerto.

Berikut enam makanan unik di Purwokerto dirangkum Okezone jaringan iNews Purwokerto:

1. Templek

Makanan yang satu ini merupakan olahan dari limbah tahu yang kemudian dicampur dengan berbagai bumbu dapur seperti bawang putih, kencur, dan cabai yang dihaluskan. Makanan ini bentuknya kecil-kecil dan dimasak dengan cara digoreng.

2. Dage

Selain templek, makanan yang satu ini juga merupakan olahan dari limbah, loh. Ada dua jenis tempe dage, yaitu dage ampas dan dage bungkil. Jika dage ampas dibuat menggunakan ampas tahu, sedangkan dage bungkil terbuat dari kacang tanah. Cara penyajiannya pun hampir sama dengan tempe mendoan. Hanya saja tempe dage harus digoreng sampai matang.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut