get app
inews
Aa Read Next : KPU Banyumas Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, KPU Provinsi Apresiasi Pemanfaatan Media Sosial

Ada Apa dengan PSI yang Suaranya Tiba-tiba Melambung di Sirekap, Dua Jam Bertambah 19 Ribu

Sabtu, 02 Maret 2024 | 21:13 WIB
header img
Ada Apa dengan PSI yang Suaranya Tiba-tiba Melambung di Sirekap, Dua Jam Bertambah 19 Ribu. Eka Guspriadi/iNews

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Goenawan Mohamad, seorang jurnalis senior, mempertanyakan kenaikan drastis suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipimpin oleh Kaesang Pangarep, anak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mencapai 19 ribu dalam dua jam di aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU. Ia juga menyatakan bahwa hasil tersebut menimbulkan kebingungan bagi peneliti senior dari dua lembaga survei. 

"Saat ini, suara PSI dalam dua jam bertambah 19 ribu. @BurhanMuhtadi dan @saiful_mujani- bingung," cuit Goenawan dalam laman X @gm_gm dikutip dari okezone Sabtu, (2/3/2024).

"Mungkin PSI adalah Partai Sim-salabim Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Burhanudin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik, menyatakan kesiapannya untuk membeberkan data hasil C1 yang menjadi sampel.

"Untuk mengujinya, kami akan bandingkan formulir C1 di TPS sample quick count kita dengan data KPU yg tersedia di Sirekap. Saatnya kita gunakan fungsi utama quick count, yakni mengontrol KPU," cuit laman X @BurhanMuhtadi.

Lebih lanjut, MNC Portal Indonesia telah mengupdate persentase suara yang masuk pada pukul 19.00 WIB di laman situs https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara. Dari total 541.475 tempat pemungutan suara (TPS), suara PSI mencapai 2.402.639 atau 3,13 persen. Sementara itu, suara Partai Perindo terus menurun menjadi 962.283 atau 1,25 persen.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut