get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Penghijauan Pantai Bunton, 5.000 Pohon Cemara Laut Ditanam PLN

Kamis, 07 Maret 2024 | 20:31 WIB
header img
PT. PLN Energi Primer Indonesia melakukan penanaman 5.000 pohon cemara laut di pantai desa Bunton, Adipala, Cilacap (7/3/2024). Foto: Heri Susanto

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - PT. PLN Energi Primer Indonesia melakukan penanaman 5.000 pohon cemara laut di pantai desa Bunton, Adipala, Cilacap (7/3/2024). Penanaman pohon ini sekaligus pencanangan kawasan ekowisata mangrove. Program ini bertujuan untuk mencegah abrasi dan penghijauan bibir pantai sebagai upaya mengembangkan wisata di pesisir Pantai Cilacap.

Sekretaris PLN Energi Primer Indonesia, Mamit Setiawan mengatakan, kegiatan ini hasil kerjasama PT. PLN Indonesia Power Adipala, Pemkab Cilacap dan TNI AD.

"Selain menyediakan energi dan energi primer, PLN juga berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan, sehingga kedepan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui parwisata," kata Mamit Setiawan usai melakukan penanaman pohon cemara laut di pantai Bunton.

Pantai Bunton sendiri merupakan project percontohan PLN dalam mengembangkan kawasan ekowisata melalui penanaman mangrove.

"Selain sebagai ekowisata, tanaman mangrove mampu menciptakan perekonomian melalui hasil hasil dari biji hingga duan mangrove. Di beberapa daerah olahan hasil pohon magrove ink mampu menghasilkan nilai ekonomi," tambahnya.

Program penanaman cemara laut sebagai upaya pencegahan abrasi dan penghijauan ini disambut baik oleh Pemkan Cilacap. Pejabat Sekda Cilacap, Sujito berharap program ini akan terus berlanjut tak hanya penanaman saja namun hingga perawatan tanaman.

"Sehingga tanaman ini bisa tumbuh dan dapat menjadikan pantai Bunton ini lebih hijau, dengan demikian nantinya mampu mencegah abrasi pantai. Di harapkan kawasan pantai Bunton kedepan menjadi destinasi wisata di Kabupaten Cilacap, " kata Sujito.

Sementara itu, TNI AD sebagai pemilik lahan mengapresiasi penanaman 5.000 cemara laut oleh PLN.

"Kami mendukung upaya penghijauan di pantai Bunton ini, sebagai upaya melestarikan lingkungan dari ancaman abrasi," kata Sueb, Danramil Adipala.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut