get app
inews
Aa Read Next : Beasiswa Juara dari Universitas BSI, Solusi untuk Calon Mahasiswa yang Resah dengan UKT Mahal

Purwokerto Half Marathon Digelar Mei 2024 Mendatang, Catat Tanggalnya

Sabtu, 30 Maret 2024 | 21:45 WIB
header img
Launching Purwokerto Half Marathon 2024. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Purwokerto Half Marathon bakal digelar di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada 12 Mei 2024 mendatang. Ajang lari marathon ini merupakan kolaborasi antara Pemprov Jawa Tengah dengan Pemkab Banyumas yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Ini akan berdampak ekonomi yang sangat besar, apabila nanti benar-benar dihadiri oleh banyak peserta dari berbagai macam Kota," kata Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko kepada wartawan usai launching Purwokerto Half Marathon 2024 di Pendopo Supanji Purwokerto, Sabtu (30/3/2024).

Ia berharap ajang Purwokerto Half Marathon ini tidak hanya digelar sekali, tapi bisa berulang-ulang kali, karena ajang tempat berlari di Kabupaten Banyumas bermacam-macam jenisnya. 

"Jadi kami menawarkan tidaknya di kota, tapi juga di gunung, di hutan, di desa. Jadi harapan kami kepada penyelenggara, ini ke depan bisa menjadi satu event yang rutin," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sub Koordinator Olahraga Rekreasi dan Industri Olahraga dari Disporapar Jateng Anton Asfihani mengatakan jika Purwokerto merupakan salah satu tempat untuk pariwisata di Jawa Tengah. Terlebih, Purwokerto memiliki segalanya dari berbagai sisi.

"Hotelnya lengkap, transportasinya oke, kulinernya juga luar biasa beragam dan wisatanya juga banyak sekali. Makanya di tahun ini kami punya program untuk Specta (sport tourism event) di Jawa Tengah. Itu program kami untuk promosi Jawa Tengah, kita pilih Purwokerto sebagai venue Purwokerto Half Marathon," jelasnya.

Anton mengungkapkan jika hari ini pihaknya melakukan ngabuburan atau lari sebelum berbuka puasa dengan mengelilingi kota Purwokerto sejauh 5 kilometer. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan launching tanggal pelaksanaan Purwokerto Half Marathon 2024 yang start dan finish di Menara Teratai.

"Hari ini kita ada acara ngabuburan atau pemanasan, jadi setelah lari langsung kita launching tanggalnya, dan tadi live IG. Jadi secara nasional sudah tahu tanggal 12 Mei akan ada Purwokerto Half Marathon yang start dan finish di menara teratai, dan ini adalah event nasional pertama lari setelah pasca pandemi," ungkapnya.

Untuk peserta yang mengikuti Purwokerto Half Marathon 2024 ini, pihaknya menargetkan sebanyak 3.000 peserta akan ikut bagian dalam kegiatan ini. Selain itu, terdapat tiga kategori yang nantinya diikutkan dalam Purwokerto Half Marathon 2024 ini, yakni kategori 21 kilometer, 10 kilometer dan 5 kilometer.

"Targetnya 3.000 peserta. Jadi nanti akan ada tiga kategori, 21 kilometer, kemudian 10 kilometer dan 5 kilometer, masing-masing kita target 1.000 (peserta). Karena ini masih awal, artinya misalkan ini sukses Insya Allah tahun berikutnya akan kita tingkatkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya," ujarnya.

Sementara menurut Asfirla Harisanto, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Anggaran dan Perencanaan mengatakan jika akan banyak event serupa terkait Sport Tourism Event yang bakal digelar di Purwokerto selain Purwokerto Half Marathon 2024.

"Nanti setelah lari maraton, kita akan mengadakan Forda (Festival Olahraga Masyarakat Daerah) bulan Juli tanggal 5 sampai 7, itu juga akan kita kemas dengan pesta rakyat, ini akan menampung sekitar 22 ribuan peserta dari 35 kabupaten/kota," kata Asfirla.

Ia mengungkapkan jika Purwokerto sangat luar biasa, selain memiliki pemandangan alam yang mempesona dan wisatanya beragam. Segala fasilitas di Purwokerto juga terbilang lengkap, mulai dari hotel, transportasi, wisata hingga kuliner.

"Saya sudah berputar putar Jawa Tengah, tim advance kami (mengatakan) yang paling siap adalah Purwokerto," ujarnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut