get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Pawai Obor, Tradisi Malam Idul Fitri di Banyumas dengan Takbir Keliling

Selasa, 09 April 2024 | 22:59 WIB
header img
Pawai Obor, Tradisi Malam Idul Fitri di Banyumas dengan Takbir Keliling. Foto: Arbi Anugrah

BANYUMAS, INewsPurwokerto.id - Pawai obor dan abid-abidan mewarnai malam Idul Fitri di Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Banyumas, Selasa (9/4/2024) malam. Ratusan warga desa tampak berjalan berkeliling kampung sambil menggemakan takbiran.

Menurut Sugeng, Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Desa Pageralang mengatakan jika pawai obor memang rutin diadakan setiap hari raya, baik saat Idul Fitri maupun Idul Adha.

"Rutin, ada dua kegiatan Idul Adha dan Idul Fitri dilaksanakan takbir keliling," kata Sugeng usai melepas pawai obor menyambut datangnya Idul Fitri.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kali kedua yang digelar BKM Desa Pageralang, dan pawai obor merupakan kegiatan keempat yang dilaksanakan dalam agenda bulan Ramadhan. Di mana selama bulan Ramadhan, pihaknya mengadakan kegiatan Tarling (Tarawih Keliling), buka bersama, lomba bulan Ramadhan yang diikuti oleh anak anak TPA se Desa Pegeralang.

"Untuk tahun yang kedua dari BKM mengadakan beberapa acara dan puncaknya besok adalah Salat Idul Fitri di lapangan Desa Pageralang," jelasnya.

Sugeng menjelaskan jika kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari 17 masjid dan mushola di Desa Pageralang. Usai berkumpul di lapangan desa setempat, para peserta kemudian melakukan pawai mengelilingi kampung.

"Peserta luar biasa banyaknya dari masjid dan mushola. Ini belum seluruh desa, tapi sebagian besar Alhamdulillah sudah menghadiri takbir keliling," ungkapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut