get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

7 Makanan Khas Banyumas yang Bisa Jadi Oleh-oleh Usai Libur Lebaran

Minggu, 14 April 2024 | 10:04 WIB
header img
Getuk goreng Sokaraja. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Bagi yang akan meninggalkan Kota Purwokerto atau Banyumas setelah mengisi libur Lebaran, pastilah butuh referensi oleh-oleh.

Kota Purwokerto dan Banyumas memang identik dengan mendoan. Sejak lama, Purwokerto dan Banyumas terkenal dengan kuliner tempe mendoan yang lezat.

Makanan khas Banyumas ini sering menjadi incaran para wisatawan ketika berkunjung ke Purwokerto. Merasa kurang lengkap rasanya jika mengunjungi kota ini tanpa mencicipi beragam makanan khas Banyumas yang lezat.

Ada makanan khas Banyumas yang bisa dijadikan oleh-oleh sebelum balik ke perantauan. Apa saja makanan khas Purwokerto yang dapat dibawa pulang? Berikut oleh-oleh yang dirangkum iNewsPurwokerto.id.

1. Getuk Goreng Sokaraja

Getuk goreng Sokaraja merupakan salah satu dari beragam makanan khas Banyumas. Terbuat dari singkong dan gula jawa, masyarakat Banyumas biasa menyebutnya "Boled". Makanan ini memiliki rasa manis dan gurih, tersedia di aplikasi online.

2.Nopia


Pembuatan Nopia, salah satu makanan khas Banyumas yang masih dikerjakan dengan cara tradisional. (Foto: Elde Joyosemito)

Nopia adalah kue kering khas Banyumas yang terbuat dari adonan tepung terigu dan gula jawa. Tekstur kulitnya renyah, dan proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional. Nopia juga bisa dipesan melalui aplikasi belanja online.

3. Klanting


Makanan kecil klanting. (Foto: Istimewa)

Klanting adalah camilan tradisional dengan rasa gurih, terbuat dari singkong parut yang diperas airnya, dicampur dengan bumbu-bumbu, dan digoreng hingga garing. Makanan khas Banyumas ini juga tersedia di aplikasi belanja online.

4. Jenang Jaket


Jenang Jaket (Foto: Mygriyahotel.com)

Jenang jaket adalah makanan khas Banyumas yang biasanya dicari saat hari raya atau acara pernikahan. Rasanya kenyal dan manis, terbuat dari gula jawa.

5. Kripik Tempe


Kripik Tempe (Foto: Ist)

Kripik tempe merupakan oleh-oleh khas Banyumas yang terbuat dari tempe tipis yang digoreng hingga garing. Teksturnya yang tipis memberikan sensasi kerenyahan yang unik.

6. Dage


Dage makanan khas Purwokerto (dok Cookpad)

Dage adalah varian tempe khas Banyumas yang dicampur dengan ampas kelapa dan dijamurkan. Biasanya disajikan dalam bentuk oseng dengan campuran cabai dan kecambah, atau diolah menjadi keripik serupa keripik tempe.

7. Tempe Mendoan


Tempe mendoan sambal kecap. (Foto: Instagram/@intankarinaijo)

Tempe mendoan merupakan primadona makanan khas Banyumas. Enak dinikmati sebagai camilan di sore hari, terutama saat cuaca sedang hujan. Saat ini juga sudah tersedia tempe mendoan siap olah yang dapat dipesan secara online.

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut