get app
inews
Aa Read Next : Relawan Jokowi Dukung Petahana Arif Sugiyanto Maju Lagi dalam Pilkada Kebumen

Layanan Pengobatan Tanpa Biaya Harus Tersedia bagi Masyarakat Terpencil di Kebumen

Senin, 22 April 2024 | 07:14 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten Kebumen bersama RSUD dr Soedirman terus berupaya menyediakan layanan pengobatan tanpa biaya. (Foto: Istimewa)

"Syukurlah, tidak ada yang berujung pada kematian, dan semua kasus dapat kita atasi. Namun, pencegahan tetap yang terbaik, yaitu dengan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan dan rutinitas olahraga," jelas Bupati.

Direktur RSUD dr Soedirman, Arif Komedi, menambahkan bahwa kegiatan sosiomedis adalah bentuk nyata kepedulian rumah sakit dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Sosiomedis ini merupakan bagian dari usaha kita dalam mewujudkan 'Kebumen Semarak', khususnya misi kedua, yaitu peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat," papar Arif Komedi.

Berbagai layanan yang disediakan antara lain pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, pengobatan mata, layanan KB, sunatan massal, konsultasi gizi, pemeriksaan kehamilan, serta distribusi makanan bergizi dan vitamin untuk penderita stunting, semua diberikan secara gratis termasuk obat-obatannya.

Arif Komedi menyampaikan bahwa rumah sakit berusaha mendekatkan layanan serta edukasi kesehatan kepada masyarakat, dengan target penyelenggaraan sosiomedis setidaknya sekali dalam setiap triwulan.

"Tahun ini ada empat kali pelaksanaan. Ini merupakan triwulan pertama, tapi karena ada pemilu sebelumnya jadi kita sesuaikan jadwalnya. Kita juga akan segera mengagendakan untuk triwulan kedua. Lokasinya masih akan kami koordinasikan," ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa meski Sosiomedis diadakan di Kelurahan Panjer, warga dari lokasi lain tetap diperkenankan untuk berobat. Ini menunjukkan bahwa pengobatan gratis ini terbuka untuk semua orang. Layanan yang banyak diminati adalah pemeriksaan mata, laboratorium, dan sunatan massal.

"Untuk sunatan massal, memang Panjer mendapat kuota terbanyak, namun warga dari wilayah lain juga dipersilakan. Kami juga menyediakan layanan administrasi kependudukan bersama Disdukcapil. Untuk layanan donor darah, kami membutuhkan kerja sama dengan PMI untuk kegiatan selanjutnya," tutup Arif Komedi.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut