get app
inews
Aa Read Next : Baju Tidur Pevita Pearce Membius Mata Lelaki, Netizen: Bidadari Tak Bersayap!

Deretan Selebritis Galang Dana Bantu Sesama, Ada yang Tembus Lebih dari Rp1 Miliar 

Rabu, 28 Juli 2021 | 09:35 WIB
header img
Virus kecil tak kasat mata dilawan dengan virus kebaikan dari masyarakat dan untuk masyarakat, seperti yang dilakukan selebritis ini di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kondisi pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian membuat masyarakat mencari jawaban guna bisa bertahan dalam situasi ini. Kecemasan tak berujung lantaran belum terakomodasinya kebutuhan sehari-hari. 

Budaya gotong royong yang tercermin dari nilai pancasila itu diimplementasikan dalam berbagai gerakan sosial sebagai upaya saling membantu di masa pandemi Covid-19. Virus kecil tak kasat mata dilawan dengan virus kebaikan dari masyarakat dan untuk masyarakat. 

Seperti yang dilakukan sejumlah selebritis, mereka memanfaatkan platform digital seperti Kitabisa.com untuk menggalang dana membantu sesama di masa pandemi Covid-19, sebagai berikut: 

1. Atta dan Aurel 

Demi menjunjung solidaritas dalam melawan virus Covid-19, pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermanyah aktif menggalang dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Jiwa sosialnya tercermin dari awal menyebarluasnya virus ini, ketika mereka menggalang dana guna menyediakan APD dan masker untuk para pekerja rumah sakit.  Dari hasil galang dana itu, terkumpul sebanyak Rp608.455.236 donasi dari 8.633 donatur.

Bantuan tersebut diterima secara bertahap oleh belasan RS dengan lebih dari 400 nakes, serta bantuan masker untuk warga di berbagai Pulau Jawa.  Tak hanya itu, Atta turut menggalang dana untuk memenuhi keperluan tabung oksigen bagi pasien Covid-19 di rumah sakit. Dari target Rp500 juta, hingga Juli ini dana sudah menyentuh angka lebih dari Rp171 juta. 

2. Pevita Pearce  

Selain tenaga medis dan masyarakat kelompok rentan, para pekerja seni juga termasuk kelompok yang terdampak pandemi Covid-19 akibat kehilangan pendapatan harian produksi. Menanggapi hal ini, artis Pevita Pearce menggalang dana untuk membantu para pekerja seni perfilman yang terdampak akibat pandemi.  

Melalui acara kompetisi PUBG Mobile bernama “HAPPY GO PUBG Celebrity Charity Match” yang dilaksanakan pada 15-16 Mei 2020, siapa saja dapat berdonasi dan ikut bermain dengan salah satu pro-player PUBG atau selebriti. Hingga 22 Mei, dia berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp55.955.876 yang akan diberikan kepada pekerja harian seni perfilman. 

3. Rachel Vennya 

Sejak awal pandemi 2020, seleb ini terkenal akan aksi sosialnya menggalang dana untuk membantu tenaga kesehatan, relawan, dan masyarakat rentan yang terdampak Covid-19. Target Rp100 juta, per 5 Juli 2021 dana sudah terkumpul melampaui target sebanyak Rp337.231.544 dengan sisa waktu masih 29 hari lagi. Mengikuti kemajuan ini, pada akhirnya target ditingkatkan menjadi Rp1,5 miliar  dan dana yang terkumpul hingga kini mencapai Rp1.251.951.397, dengan sisa waktu 8 hari lagi.  

Kemudian hasil dana yang terkumpul akan disalurkan untuk keperluan kebutuhan medis darurat, untuk wisma atau tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19, bantuan untuk tenaga kesehatan dan relawan, serta paket bantuan sosial untuk warga yang membutuhkan. 

4. Chelsea Islan  

Dalam membantu ribuan anak di berbagai daerah terpencil di Indonesia Timur, Chelsea Islan bersama Taman Bacaan Pelangi menggalang dana agar anak-anak ini dapat tetap belajar di tengah pandemi. Hasil penggalangan dana tersebut akan digunakan untuk menyalurkan paket belajar kepada 2.000 anak kelas 1 SD di Flores dan Papua Barat selama satu bulan.  

Itikad baik dari kedua pihak dilakukan dalam menjawab persoalan sulitnya menjangkau akses internet di daerah-daerah terpencil ini. Hal itu karena teknologi dan internet menjadi solusi utama agar kegiatan belajar-mengajar tetap bisa dilakukan selama pandemi. Dari target Rp100.000.000, telah terkumpul dana sebesar Rp146.021.309 yang mengindikasikan keberhasilan penggalangan dana. 

5. Maia Estianty 

Menjadi salah satu artis yang peduli terhadap virus Covid-19, Maia menggalang dana dengan target Rp1 miliar untuk tenaga kesehatan dan sejumlah masyarakat yang membutuhkan. Dana yang sudah terkumpul sebanyak Rp2.008.237.619 dengan 11.682 donasi.   Dana yang terkumpul diberikan kepada sejumlah rumah sakit berupa pembagian alat perlindungan diri (APD). Pemberian bantuan ke sejumlah rumah sakit tersebut tampak dari foto-foto yang diunggah lewat akun Instagramnya. Pada laman resmi Kitabisa.com juga disebutkan bahwa biaya yang terkumpul akan digunakan untuk pemeriksaan Covid-19 kepada rakyat yang tidak mampu. 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut