Logo Network
Network

Gumuk Pasir Parangkusumo, Berseluncur, Naik Jeep hingga Keliling Pantai

Tim iNews.id
.
Rabu, 28 Juli 2021 | 10:45 WIB
Gumuk Pasir Parangkusumo, Berseluncur, Naik Jeep hingga Keliling Pantai
Pantai di kawasan Bantul, Yogyakarta. (Foto IG Diparta Bantul)

YOGYAKARTA, iNews.id - Wisata alam Yogyakarta tidak selalu pegunungan, hutan, dan laut. Di daerah Parangtritis, terdapat kawasan wisata gumuk pasir yang sangat unik dan satu-satunya di Asia Tenggara. Berlokasi tepatnya di Jalan Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, gumuk pasir ini bisa dikunjungi wisatawan tanpa biaya masuk alias gratis. Namun, wisatawan harus membayar retribusi parkir dan juga biaya tambahan untuk menyewa peralatan bermain di gumuk pasir

Kawasan wisata ini bisa dikunjungi setiap hari, idealnya mulai pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore. Apa saja, sih, aktivitas yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo? Berikut ulasan rangkumannya Senin (26/7/2021).

1.Sandboarding

Gumuk pasir merupakan fenomena alam yang langka di dunia, apalagi di Indonesia. Karena keunikan strukturnya, gumuk pasir sangat cocok untuk aktivitas sandboarding. Berselancar di atas pasir bisa jadi kegiatan memacu adrenalin yang cocok untuk semua kalangan. Selain itu, karena berada di atas pasir, wisatawan tak perlu takuk cedera parah ketika jatuh.

Sandboarding di Parangkusumo biasanya dibanderol dengan harga Rp70.000 per papannya. Tak ada batas waktu, wisatawan bisa berseluncur ria dari pagi hingga tempatnya tutup.

2. Berkeliling Pantai

Ke daerah Parantritis tentunya tak lengkap tanpa ke pantai. Di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo, terdapat tiga pantai yang bisa dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Cemara Sewu. Tak perlu bingung mencari, tiga pantai ini masih berada dalam satu garis pantai yang sama, hanya dibagi berdasarkan letaknya saja. Tentunya, Pantai Parangtritis dan Parangkusumo adalah dua pantai yang hampir tak pernah sepi pengunjung karena ketenarannya. Bagi yang ingin tempat yang lebih sepi, wisatawan bisa mencoba berjalan sekitar 550 meter ke Pantai Cemara Sewu.

3. Menonton Sunset

Selain gunung, pantai juga identik dengan fenomena romantis bernama sunset. Di gumuk pasir, wisatawan bisa menunggu hingga senja dan menonton matahari terbenam di perairan Parangtritis. Seperti poin sebelumnya, ada tiga spot tambahan yang bisa dikunjungi jika ingin melihat sunset lebih dekat dan lebih rendah, yaitu Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, atau Pantai Cemara Sewu.

4. Naik Jeep di Atas Pasir

Ingin berjalan-jalan tapi tak mau berjalan? Jangan khawatir, di daerah Parangkusumo terdapat banyak penyewaan mobil Jeep yang cocok untuk mengarungi pasir pantai. Cocok bagi wisatawan yang pertama datang ke Parangkusumo, berkeliling dengan Jeep akan membuat pengunjung serasa di daerah Merapi atau Bromo. Di atas Jeep, wisatawan akan dibawa berkeliling di sekitar lembah dan bukit pasir, mendapat pengalaman bertualang yang unik dan tak bisa dilupakan.

5. Berfoto, Tentunya

Di era digital, Anda belum benar-benar ke tempat wisata kalau belum ada fotonya. Di Gumuk Pasir Parangkusumo terdapat banyak spot foto menarik yang bisa menjadi tempat mengabadikan momen-momen seru mengarungi pasir. Gundukan gumuk, pohon kaktus, hamparan pasir, hingga mobil Jeep bisa menambah kecantikan foto. Selain itu, ada juga taman bunga berbentuk hati yang menurut banyak orang sangat Instagrammable. Tapi, untuk masuk ke taman bunga ada biaya tersendiri.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini