get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

KPU Rekrut Badan Ad Hoc, Bawaslu Banyumas Ingatkan Penjaringan PPK Sesuai Peraturan

Kamis, 25 April 2024 | 19:09 WIB
header img
KPU Rekrut Badan Ad Hoc, Bawaslu Banyumas Ingatkan Penjaringan PPK Sesuai Peraturan

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan perekrutan badan ad hoc untuk Pilkada serentak 2024. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas mengingatkan agar KPU melaksanakan proses perekrutan tersebut sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

“Jadi kami sudah memberikan imbauan ke KPU agar dalam proses rekruitmen betul- betul dilaksanakan dengan baik dengan memperhatikan kapasitas dan kapabilitas termasuk integritas," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Imam Arif dalam keterangannya, Kamis (25/4/2024).

Seperti diketahui, perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sendiri sudah dimulai tanggal 23 April 2024. Selain itu, untuk seleksi PPS dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 2 Mei 2024 mendatang.

Amin Latif Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Banyumas mengatakan jika perekrutan PPS dimungkinkan bakal dilaksanakan langsung oleh KPU.

”Karena kalau dilihat dari jadwal pendaftaran PPS dimulai sebelum PPK terbentuk, sedangkan PPK dilantik tanggal 16 Mei 2024, jadi kami harus bisa membagi personil karena juga hampir bersamaan waktunya dengan jadwal perekrutan pengawas kami," jelas Amin.

Menurutnya, pihaknya bakal melaksanakan pengawasan secara melekat pada setiap tahapan pembentukan PPK, PPS dan Pantarlih. Bawaslu bahkan mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi tahapan perekrutan tersebut. 

Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk mencermati nama-nama para pendaftar tenaga ad hoc yang tidak sesuai dengan pesyaratan. Masyarakat bisa memberikan masukan dan tanggapan untuk disampaikan secara langsung ke Bawaslu ataupun KPU.

“Saat ini sudah masuk tahap perekrutan panitia kecamatan, mari kita awasi ini dengan baik. Jika ada yang tidak sesuai syarat sampaikan ke kami," kata Amin.

Amin mengatakan bakal memastikan perekrutan badan ad hoc KPU dilaksanakan sesuai dengan jadwal. Maka dari itu informasi perekrutan ini terus disosialisasikan secara maksimal dan terbuka.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut