get app
inews
Aa Read Next : Reuni Akbar UIN SAIZU Hadirkan Padi Reborn dan Job Fair

BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi Perlindungan Pekerja Rentan, Percepat Entaskan Kemiskinan

Kamis, 02 Mei 2024 | 20:49 WIB
header img
BPJS Ketenagkerjaan Cabang Purwokerto menggelar sosialisasi perlindungan pekerja rentan dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem di Banyumas. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-BPJS Ketenagkerjaan Cabang Purwokerto menggelar sosialisasi perlindungan pekerja rentan dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem di Banyumas. Kegiatan berlangsung di Luminor Hotel Purwokerto pada Kamis (2/5/2024).

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto, Antony Sugiarto mengatakan data dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkeop dan UKM) Kabupaten Banyumas menyebutkan bahwa tenaga kerja dengan status warga miskin ekstrem di Banyumas jumlahnya sekitar 30 ribu orang. Mereka hidup di bawah kecukupan.

Sehingga, lanjut Antony, jika jika tidak dilakukan intervensi, akan tambah miskin. Antony mencontohkan, jika kepala rumah tangga yang mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga, lalu mengalami musibah, akan menjadi beban pada keluarga.

"Maka dari itulah, BPJS Ketenagakerjaan akan mengintervensi agar tidak menjadi tambah miskin," jelasnya.

Menurutnya, hingga kini telah ada 10.800 pekerja yang sudah dilindungi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar dalam Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) memiliki keuntungan tersendiri. Ketika mengalami kecelakaan kerja, mereka tidak perlu membayar biaya pengobatan selama masa perawatan, asalkan mereka menunjukkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kecelakaan kerja termasuk saat perjalanan dari rumah ke kantor, atau sebaliknya," jelas Antony.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut