get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

1.165 Calon Jemaah Haji Banyumas Pamitan

Sabtu, 04 Mei 2024 | 22:53 WIB
header img
1.165 Calon Jemaah Haji Banyumas Pamitan. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sebanyak 1.165 Calon Jemaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Banyumas, pamitan ke Pj Bupati Banyumas di Pendopo Si Panji Purwokerto, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan yang dikemas dalam bentuk silaturahim dan pelepasan Calon Jemaah Haji Tahun 1445 H/2024 M, dihadiri oleh jarajan Forkompinda Kabupaten Banyumas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Ibnu Asadudin yang merupakan pengangungjawab penyelenggaraan haji Banyumas, melaporkan 1165 Calon Jemaah Haji Kabupaten Banyumas akan tergabung dalam 4 kloter yaitu kloter 17 18 19 dan 20 yang akan diberangkatkan Rabu dinihari 15 Mei 2024 pukul 00.00 WIB, pukul 02.00 WIB, pukul 06.00 WIB dan pukul 11.00 WIB. 

Tujuan penyelenggaraan acara silaturahmi dan pelepasan adalah untuk memberikan bekal dan pemahaman terhadap calon jemaah haji agar melaksanakan ibadah dengan niat haji yang ikhlas, terjalin ukuwah dan kekeluargaan dengan sesama jamaah, serta dapat menjaga nama baik dan budaya Banyumas khususnya ketika di tanah suci, sehingga dapat melaksanakan dengan khusyu dan sempurna serta dapat memperoleh haji yang mabrur dan bertekad untuk mangkat bareng bali bareng.

"Mangkat bareng itu adalah sebuah komitmen kita semua. Petugas tidak boleh mudah mengijinkan jamaah haji untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengurangi kesehatannya. Mangkat bareng itu juga kewajiban kita semua untuk menghadirkan kebahagiaan," ungkapnya.

Sementara bali bareng juga merupakan komitmen agar 1.165 jamaah yang mangkat (berangkat) bareng, maka pulangnya pun jumlahnya juga sekian. Ibnu menambahkan seluruh visa jamaah Haji Kabupaten Banyumas sudah jadi sudah siap.

"Ini berkat komitmen kita semua, Kemenag Banyumas, Pemkab Banyumas, Polri, TNI dan stakeholder yang lain. Sehingga nantinya bisa mangkat bareng, bali bareng, dan mabrur bareng," lanjutnya.

Sementara menurut PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menyampaikan Calon Jemaah Haji yang akan berangkat pada tanggal 15 Mei 2024, tinggal beberapa hari lagi. Ia berharap Calon Jemaah Haji untuk menjaga kesehatan.

"Saya titip pesan kepada Bapak Ibu untuk senantiasa menjaga kesehatan. Jaga fisik bapak ibu sekalian, konsumsi vitamin dan makanan sehat. Selanjutnya agar istirahat yang cukup, sebelum berangkat kurangi tidur larut malam, di tanah suci pun demikian. Selagi bisa untuk beristirahat, manfaatkan waktu sebaik mungkin. Setelah sholat subuh, lakukan olahraga ringan seperti yang pernah dilakukan pada saat senam haji yang lalu yang dilatih saat manasik haji," katanya.

Hanung juga mengingatkan agar dimanapun tetap jaga komunikasi dengan sesama jemaah maupun dengan petugas yang mendampingi. Selalu menjaga kekompakan. Banyumas harus menjadi contoh bagi jamaah dari daerah lain bahkan dari negara lain," lanjutnya.

Hanung meminta doa, agar Calon Jemaah Haji yang berada di tanah suci nanti, agar mendoakan pemimpin dan warga Banyumas.

"Doakan kami yang ada di Banyumas. Dan kami pun akan terus mendoakan bapak ibu sekalian yang sedang menjalankan ibadah haji disana, semoga senantiasa diberikan kesehatan, kelancaran, dan kembali ke Banyumas dalam keadaan sehat dan mabrur bareng," pungkas Hanung.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut