get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Ketua Bawaslu Banyumas tak Jadi Ikut Kontestasi Pilkada? Ini Alasannya

Umat Buddha di Watuagung Banyumas Gelar Peringatan Tri Suci Waisak Malam Ini

Kamis, 23 Mei 2024 | 12:52 WIB
header img
Umat Budhha di Kabupaten Banyumas melakukan persiapan rangkaian acara pemandian Rupang, Puja Bakti dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Umat Budhha di Kabupaten Banyumas akan melakukan rangkaian acara pemandian Rupang, Puja Bakti dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak. Acara tersebut akan dilaksanakan di Gedung Bhavana Gaha Plandi, Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas.

"Untuk kegiatan peringatan Tri Suci Waisak kali ini akan diadakan di Gedung Bhavana Gaha dengan rangkaian acaranya yaitu Pemandian Rupang, Puja Bhakti dan ceramah hikmah waisak," kata Ketua Vihara Gaha Bhavana, Romo Tukiran, Kamis (23/5/2024).

Menurut Romo Tukiran renungan detik-detik waisak ini akan dilaksanakan mulai pukul 20.52 WIB. Acara peringatan Tri Suci Waisak ini nantinya akan diakhiri dengan tumpengan bersama warga.

"Acara diakhiri dengan tumpengan oleh warga yang diperkirakan sedikitnya 80 orang," ujarnya.

Menurut dia, Dusun Plandi yang berada di wilayah Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas merupakan dusun terpencil yang berada di tengah kawasan hutan, di mana di dusun ini mayoritas warganya beragama Buddha.

Ajaran Buddha di kampung Plandi tersebut telah diwariskan sejak zaman nenek moyang. Apalagi di tengah-tengah perkampungan tersebut, berdiri sebuah vihara Bhavana Gaha Plandi sebagai sarana peribadatan umat Buddha, termasuk Peringatan Tri Suci Waisak tahun ini.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut