get app
inews
Aa Read Next : Inilah Aksi Perempuan Peduli Lingkungan yang Kumpulkan Jelantah

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Ini Kontribusi Kilang Cilacap bagi Lingkungan

Selasa, 28 Mei 2024 | 11:37 WIB
header img
Pengelolaan keanekaragaman hayati menjadi salah satu fokus perhatian PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap. (Foto: dok Kilang Pertamina Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id – Pengelolaan keanekaragaman hayati menjadi salah satu fokus perhatian PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap. Melalui berbagai program yang berkelanjutan sampai saat ini, menjadi bukti komitmen dan kontribusi Kilang Cilacap bagi keberlangsungan lingkungan.

Pjs. Manager Health, Safety, Security, and Environment KPI Unit Cilacap Adi Firmansyah kebijakan perlindungan dan keanekaragaman hayati penting untuk mendukung Tujuan Pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). “Selain itu, mendukung upaya pelestarian keanekaragaman hayati dengan berbagai macam program,” katanya.

Beberapa upaya perlindungan dan keanekaragaman hayati di antaranya untuk mempertahankan, melindungi dan meningkatkan jumlah spesies flora dan fauna endemik atau dilindungi minimal dua spesies per tahun.

“Selanjutnya mengintegrasikan pertimbangan konservasi keanekaragaman hayati dalam aspek lingkungan dan sosial serta menjaga keanekaragaman hayati dengan minimalisasi dampak dari operasional,” ujarnya.

Adi menyampaikan hal tersebut di hadapan mahasiswa S2 Prodi Ilmu Pengelolan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berkunjung ke Cilacap, belum lama ini.

“Termasuk pada kesempatan ini juga menjadi upaya untuk meningkatkan etika, kesadaran, serta aksi pelestarian keanekaragaman hayati di kalangan pekerja dan masyarakat,” ucapnya.

Disebutkan tiga sasaran utama perlindungan keanekaragaman hayati adalah konservasi insitu, konservasi eksitu, dan kerja sama pengelolaan keanekaragaman hayati. “Untuk konservasi insitu melalui arboretum dan rehabilitasi mangrove, serta konservasi tanaman langka di kawasan lindung,” tutur Adi.

Editor : Rizqa Leony PutriMPI Marketing

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut