get app
inews
Aa Read Next : Anggota TNI AD Sedang Tunggu Ojek Online Tewas Dikeroyok

Anak Penjual Gula Keliling Lulus Jadi Anggota TNI AD, Pernah Jalan Kaki 48 Km Tak Punya Ongkos

Senin, 21 Februari 2022 | 16:57 WIB
header img
Sarpan anak penjual gula keliling asal Lebak, Banten ini membuktikan jika masuk TNI AD tidak harus menggunakan uang.  (Foto: IST)

ANAK penjual gula keliling asal Lebak, Banten ini membuktikan jika masuk TNI AD tidak harus menggunakan uang.  Ya, adalah Sarpan (20), pemuda dari keluarga tak mampu ini berhasil lulus Tamtama TNI AD dengan predikat memuaskan. 

Seorang kerabat Sarpan yakni Faizal menceritakan bahwa Sarpan mempunyai keinginan  yang ingin sekolah tinggi dan  membantu keluarga.

"Awalnya saya bertemu dengan Sarpan pada tahun lalu, dan memberikan bimbingan karena ia gigih. Ia ingin sekali sekolah yang tinggi agar dapat membantu kedua orangtuanya yang sudah tak mampu lagi," kata Faizal belum lama ini.

Menurut Faizal, Sarpan merupakan anak yang berasal dari keluarga tidak mampu, karena orangtuanya cacat dan harus menjual gula keliling yang berjarak 12 kilometer jika ingin belanja ke pasar. Sarpan pun bersekolah di SMAN Rangkasbitung bukan dorongan dari orangtua, Sarpan lulus pada 2019.

"Sekolah pun atas kemauan dia sendiri, dan bukan dukungan dari orangtua. Dia ingin sekolah berjenjang yang tinggi. Lalu, dia kuliah tanpa sepengetahuan orangtua dan tinggal di rumah gurunya sambil membantu," beber Faizal.

Faizal pun menceritakan disaat Sarpan hendak pulang ke Kecamatan Sobang ia harus berjalan kaki atau lari kecil sejauh 48 kilometer, dengan kondisi letak geografis naik turun perbukitan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut