get app
inews
Aa Read Next : Mengapa Ketua Bawaslu Banyumas tak Jadi Ikut Kontestasi Pilkada? Ini Alasannya

Banyumas Tuan Rumah Semarak Kata Kreatif 2024, Tampilkan Tarian kolosal 10.000 Lengger

Sabtu, 22 Juni 2024 | 17:27 WIB
header img
Banyumas Tuan Rumah Semarak Kata Kreatif 2024, Tampilkan Tarian kolosal 10.000 Lengger. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Banyumas menjadi tuan rumah Semarak Kata Kreatif 2024 Tingkat Jawa Tengah yang digelar pada 21 - 23 Juni 2024 di Menara Teratai dan GOR Satria Purwokerto. Dipilihnya Banyumas sebagai tuan rumah Semarak Kata Kreatif, karena kabupaten Banyumas termasuk 5 kabupaten/kota yang meraih penghargaan Ka Ta Kreatif kategori Seni Pertunjukan bersama Kabupaten Sleman, Batang, kota Makassar dan Pangkalpinang.

Rangkaian kegiatan Semarak Kata Kreatif 2024 dimulai sejak Jumat kemarin (21/6) diawali dengan kunjungan ke industri kreatif dan Gala Dinner. Sementara pembukaan dilaksanakan di Menara Teratai Purwokerto pada Sabtu pagi (22/6) oleh Asekbang Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko.

PLH Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Surya Deta Syafrie, mengatakan bahwa Semarak Kata Kreatif 2024 merupakan langkah awal untuk mewujudkan Jawa Tengah sebagai Provinsi kreatif pertama di Indonesia.

"Kami harap acara ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku ekonomi kreatif di Jawa Tengah, dan dapat mendorong pengembangan ekonomi kreatif Jawa Tengah," ujar Surya dalam keterangannya, Sabtu (22/6/2024).

Semarak Kata Kreatif 2024 mengusung tema "Kata Kreatif Gumregah Masyarakat Sumringah" menghadirkan serangkaian acara menarik, diantara adalah Workshop, Coaching Clinic, Sertifikasi Barista, Dialog, Kunjungan ke Industri Kreatif, Kuliner dan Seni Pertunjukan, hingga Pameran UMKM Produk Ekraf.

Dalam gelaran Semarak Kata Kreatif tahun ini juga ada yang spesial, yakni tarian kolosal 10.000 Lengger Bicara Pemecahan Rekor MURI pada Sabtu (22/6) di GOR Satria Purwokerto. Seperti diketahui, Lengger Banyumas telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2019.

Sementara menurut Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, mengungkapkan jika Kabupaten Banyumas memiliki potensi yang luar biasa dalam sektor ekonomi kreatif. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Kata Kreatif 2023 kategori seni pertunjukan dari Kemenparekraf/Baparekraf.

"Globalisasi menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian," ujarnya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini, Banyumas bisa mengenalkan potensi ekonomi kreatif dan mewujudkan Banyumas sebagai daerah yang aman, nyaman, sejuk, dan kondusif.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut