get app
inews
Aa Read Next : Tingkat Kepuasan Publik di Kebumen Capai 79,1%, Elektabilitas Bupati Arif Tembus 70%

Ada 11.000 Lowongan Pekerjaan di Job Fair Kebumen, Hari Ini Masih Buka 

Kamis, 27 Juni 2024 | 07:56 WIB
header img
Pemkab Kebumen kembali menggelar Job Fair atau bursa lowongan pekerjaan yang berlangsung selama dua hari, 26-27 Juni 2024, di gedung Aula Setda Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Pemkab Kebumen kembali menggelar Job Fair atau bursa lowongan pekerjaan yang berlangsung selama dua hari, 26-27 Juni 2024, di gedung Aula Setda Kebumen.

Setidaknya terdapat 11.000 lowongan kerja yang ditawarkan dari berbagai sektor seperti manufaktur, perbankan, perhotelan, dan pariwisata.

Pameran bursa kerja ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Mukhsinul Mubarok, mewakili Bupati Arif Sugiyanto, pada Rabu (26/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, Mukhsinul menyampaikan tantangan dunia kerja yang semakin ketat, mengingat jumlah lowongan kerja tidak sebanding dengan jumlah lulusan siswa SLTA/mahasiswa.

“Dinamika ketenagakerjaan sangat kompleks dan penuh tantangan. Salah satunya adalah adanya surplus tenaga kerja. Tahun 2023, jumlah lulusan SMA/SMK di Kebumen mencapai sekitar 15.617 orang, dan pada tahun 2024 sebanyak 15.775 orang. Di sisi lain, daya serap tenaga kerja di Kebumen masih terbatas,” ujarnya.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi adalah karakter pekerja asal Kebumen yang cenderung memilih bekerja di luar Kebumen, seperti di Jabodetabek. Hal ini dipicu oleh kesenjangan upah minimum dengan daerah lain.

“Menyikapi hal tersebut, Pemkab Kebumen memandang perlu adanya upaya peningkatan kesempatan bekerja dan berusaha, khususnya bagi lulusan SMA/SMK. Termasuk dengan menciptakan wirausaha muda melalui kewirausahaan di sekolah,” lanjutnya.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut