get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Korea Selatan Beri Uang Jutaan Won Buat Jomblo Mau Pacaran Lalu Menikah dan Punya Anak

Psikolog: Kenapa Orang Jomblo Selalu Merasa Kesepian?

Minggu, 28 Juli 2024 | 19:24 WIB
header img
Kenapa Orang Jomblo Selalu Merasa Kesepian? Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Beberapa orang mungkin pernah merasakan kesepian. Ini adalah kondisi di mana seseorang merasa terlindungi, kesepian, atau terputus dari orang lain secara emosional atau sosial.

Kesepian dapat muncul saat seseorang merasa bahwa tidak ada yang memahami atau peduli terhadap mereka, dan dapat menimbulkan perasaan sedih dan hampa. Banyak orang mencari cara untuk mengatasi kesepian dengan mencari koneksi sosial, berbicara dengan orang-orang terdekat, atau mencari bantuan dari terapis profesional.

Namun, masih banyak kesalahpahaman tentang definisi kesepian. Banyak yang mengira bahwa seseorang yang hidup sendirian pasti merasa kesepian. Contohnya, orang yang jomblo alias single sering dianggap selalu merasakan kesepian. Padahal, kenyataannya tidaklah seperti itu.

Psikolog, Samanta Elsener menjelaskan, pada dasarnya, kesepian dan kesendirian adalah dua hal yang berbeda. Artinya, orang yang sendiri, atau hidup sendiri bukan berarti dirinya selalu merasa kesepian.

“Kesepian itu berbeda dengan sendiri. Kadang orang tuh suka menafsirkan orang yang sendiri udah pasti dia kesepian. Misalkan, statusnya single, udah pasti dia kesepian karena dia nggak punya pasangan. Atau dia tinggal sendirian, pasti dia kesepian deh. Enggak selalu kaya gitu,” kata Samanta, dilansir Okezone dari YouTube Kementerian Kesehatan RI, Minggu, (28/7/2024).

Pasalnya, kondisi kesepian tergantung pada banyak faktor, diantaranya kepribadian, lingkungan sosial, dan kebutuhan individu. Menurut Samanta, ada beberapa orang yang justru merasa sangat menikmati waktu sendiri dan bahagia tanpa adanya interaksi sosial yang konstan, sedangkan yang lain mungkin merasa kesepian walaupun dikelilingi oleh orang lain.

Dengan demikian, perasaan kesepian yang dirasakan seseorang sebenarnya sangat subjektif dan bisa berbeda-beda untuk setiap individu.

“Karena ada karakter orang juga yang justru dia terbiasa sendiri seperti orang-orang introvert, karena dia ngerasa itu adalah titik kenyamanannya dia. Sehingga, buat dia sendiri itu tidak berarti dia merasa kesepian,” ucap Samanta.

“Sedangkan, orang yang benar-benar mengalami kesepian, bisa saja dia ada di suatu ruangan yang begitu besar, dan begitu banyak orang, sebut saja orang yang lagi nonton konser, tapi dia tetap ngerasain kesepian. Itu bisa banget. Karena ini adalah kondisi yang akumulasi atas kebutuhan emosionalnya yang tidak tercapai atau tidak terpenuhi,” pungkasnya.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut