get app
inews
Aa Read Next : POG 2024, Cara Puhua untuk Merawat Keberagaman

HUT Ke 79 RI, 420 Narapidana di Banyumas Terima Remisi, 6 Orang Langsung Bebas

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 17:50 WIB
header img
HUT Ke 79 RI, 420 Narapidana di Banyumas Terima Remisi, 6 Orang Langsung Bebas. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Purwokerto, Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto dan Rumah Tahanan Negara kelas IIB Banyumas menerima remisi Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia, dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Pemberian remisi kepada narapidana Lapas Kelas IIA Purwokerto dilakukan saat upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia (17/8/2024), di Alun-alun Purwokerto.

Remisi diberikan kepada 420 narapidana Lapas Kelas IIA Purwokerto, bahkan narapidana 4 orang diantaranya langsung bebas. Selain itu terdapat 154 narapidana Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto dan Rumah Tahanan Negara kelas IIB Banyumas sebanyak 110 narapidana, di mana 2 orang diantaranya langsung bebas.

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro berharap kepada narapidana penerima remisi agar dapat kembali ketengah-tengah masyarakat dan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sementara menurut Kepala Lapas Kelas IIA Purwokerto, Bayu Irsahara mengatakan jika pemberian remisi telah diatur melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

"Alhamdulillah kami dari Lapas Kelas IIA Purwokerto sudah memberikan remisi kepada perwakilan kami sebanyak 4 orang," katanya.

Bayu menjelaskan jika Lapas Kelas 2A Purwokerto sendiri memiliki sebanyak 620 orang narapidana. Di mana sebanyak 420 orang narapidana mendapat remisi di tahun 2024.

Dengan adanya remisi ini, Bayu berharap bisa mempercepat proses reintegrasi sosial narapidana dengan masyarakat. Ia juga berharap dengan remisi ini dapat meminimalisir dampak buruk dari pelaksanaan pidana penjara.

"Pemberian remisi ini juga bisa memotivasi narapidana lainnya untuk terus berkelakuan baik. Dan juga bisa terus berkontribusi positif bagi masyarakat setelah bebas nantinya," pungkasnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut