get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Hibahkan Tanah 17.209 Meter Persegi untuk Pembangunan Mapolres

Serunya Pawai Kebangsaan untuk Menutup Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI

Minggu, 01 September 2024 | 09:01 WIB
header img
Sebanyak 152 kelompok karnaval dari berbagai elemen turut memeriahkan Pawai Kebangsaan yang berlangsung di jalan protokol Kabupaten Purbalingga pada Sabtu. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Sebanyak 152 kelompok karnaval dari berbagai elemen turut memeriahkan Pawai Kebangsaan yang berlangsung di jalan protokol Kabupaten Purbalingga pada Sabtu (31/8/2024). Pawai ini menjadi penutup rangkaian peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di tingkat Kabupaten Purbalingga.

"Pawai dan karnaval ini telah menjadi agenda tahunan rutin. Semoga melalui kegiatan ini, tali silaturahmi semakin erat dan rasa persatuan serta kesatuan dalam bingkai NKRI semakin kuat," ujar Wakil Bupati Purbalingga, H. Sudono.

Pawai tersebut melibatkan berbagai unsur masyarakat, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga vertikal, kecamatan, organisasi perempuan, grup kesenian lokal, grup kesenian dari luar kota, BUMD, BUMN, pihak swasta, lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, dan lainnya.

Wakil Bupati berharap pawai ini tidak hanya menjadi tontonan semata, tetapi juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi masyarakat, mulai dari mengenalkan program layanan pemerintah hingga memperkuat rasa nasionalisme dan kebanggaan terhadap Kabupaten Purbalingga.

"Beberapa peserta bahkan menampilkan teatrikal perjuangan bangsa, termasuk kisah pahlawan nasional asal Purbalingga, Usman Janatin, yang diperagakan oleh Perumda Owabong dan Kecamatan Purbalingga. Semoga ini menjadi inspirasi untuk menumbuhkan semangat nasionalisme," katanya.

Pawai ini juga dimeriahkan oleh berbagai atraksi kebudayaan daerah seperti Ebeg, Dames, Dolalak, Begalan, dan berbagai tari kreasi yang semakin memperkuat pelestarian nilai budaya. Kostum karnaval yang unik dan patung-patung besar menjadi ajang kreativitas antar kelompok.


Pawai di Purbalingga. (Foto: Istimewa)

"Semoga momentum ini dapat membangkitkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat untuk meraih keunggulan, demi mewujudkan Purbalingga yang mandiri, berdaya saing, serta masyarakat yang sejahtera dan berakhlak mulia," tuturnya.

Pawai Kebangsaan kali ini mengusung tema "Gebyar Bumi Pertiwi yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan." Rute pawai dimulai dari GOR Goentoer Darjono, melewati Jalan Komisaris Noto Sumarsono menuju Taman Kota Usman Janatin, kemudian ke Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Soedirman, dan berakhir di Panggung Kehormatan di sisi selatan Alun-Alun. Acara dimulai pukul 07:30 WIB dan berakhir pada pukul 17:30 WIB.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut