get app
inews
Aa Read Next : Inilah Rapid dan Ayu yang Terpilih Sebagai Duta Genre Banyumas 2024

KAI Daop 5 Gelar Skybridge Culture Night Festival, Begini Keseruannya

Senin, 09 September 2024 | 08:02 WIB
header img
Daop 5 Purwokerto untuk pertama kalinya menggelar acara besar bertajuk Skybridge Culture Night Festival The Art of Transformation di Stasiun Purwokerto. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Dalam rangka menyambut HUT ke-79 PT Kereta Api Indonesia (KAI), Daop 5 Purwokerto untuk pertama kalinya menggelar acara besar bertajuk Skybridge Culture Night FestivalThe Art of Transformation” di Stasiun Purwokerto. 

Acara ini memadukan teknologi video mapping dengan pertunjukan seni dan budaya khas Banyumas, bekerja sama dengan kreator muda dari DKV Telkom University Purwokerto dan seniman lokal Banyumas.

"Skybridge Culture Night Festival 'The Art of Transformation' adalah pagelaran video mapping yang menyuguhkan visual motion graphic yang dipadukan dengan pertunjukan seni budaya, sebagai bentuk dukungan Daop 5 Purwokerto dalam melestarikan budaya. Kami juga menggabungkan semangat pelestarian budaya dengan transformasi KAI, yang disimbolkan melalui Skybridge, ikon kemajuan dan modernisasi di Daop 5 Purwokerto," ujar Gun Gun Nugraha, Vice President Daop 5 Purwokerto.

Gun Gun menambahkan bahwa ada tiga fokus utama dalam sajian visual motion graphic ini. 

Pertama, perkembangan KAI di Stasiun Purwokerto yang mencakup peningkatan layanan, seperti kehadiran Skybridge, Ruang Tunggu Luxury Lounge, fasilitas Boarding Face Recognition, Monumen Lokomotif “Kebo Kuning” C300, dan peningkatan kenyamanan layanan tiket serta pelanggan. 

Kedua, visual yang menggambarkan keindahan alam wilayah kerja Daop 5 Purwokerto, seperti aliran Sungai Serayu dan Gunung Slamet. 

Ketiga, dukungan terhadap seni dan budaya lokal melalui visualisasi Batik, Kain Jarit, Wayang, dan Tari Lengger Banyumas.

"KAI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dan berkelanjutan kepada masyarakat, termasuk dalam mendukung perkembangan seni, budaya, sosial, dan ekonomi," lanjut Gun Gun.

Kerjasama dengan anak-anak muda kreatif dari jurusan Desain Komunikasi Visual Telkom University Purwokerto ini juga merupakan bagian dari upaya KAI Daop 5 Purwokerto dalam mendukung pendidikan berkualitas. 

Ini sejalan dengan komitmen KAI terhadap pembangunan berkelanjutan, sebagaimana tercermin dalam tema HUT KAI ke-79 tahun 2024, "Safety and Sustainability."

Selain visual motion graphic, Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation” menampilkan berbagai pertunjukan seni, antara lain Tari Lengger Banyumas dari Sanggar Tari Sekar Endah, musikalisasi puisi oleh Ichal Key, tarian kontemporer oleh Ki Titut Edi Purwanto, live painting oleh Ikatan Pelukis Banyumas, serta live music performance dari Vibration Band.

Gun Gun berharap acara ini dapat menjadi wadah bagi para kreator muda dan seniman lokal untuk terus berkarya dan menginspirasi munculnya ruang kreatif di kalangan seniman. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi media edukasi serta promosi seni budaya Banyumas bagi generasi muda sebagai penerus bangsa.

 

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut