get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Berikan Mobil Ambulans, Bupati Tiwi Apresiasi Sinergi PD Muhammadiyah

Kunjungi Desa Purbasari Karangjambu, Bupati Tiwi Diminta Regenerasi Kelapa

Kamis, 12 September 2024 | 08:09 WIB
header img
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melakukan kunjungan ke Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu, dalam kegiatan Sambang Tani pada Rabu (11/9/2024). (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melakukan kunjungan ke Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu, dalam kegiatan Sambang Tani pada Rabu (11/9/2024). 

Didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Kepala Dinas Pertanian (Dinpertan), serta perwakilan dari dinas teknis lainnya, Bupati menyerap berbagai usulan yang menjadi kebutuhan para petani di Kecamatan Karangjambu.

Wahidin, yang mewakili para petani Desa Purbasari, mengusulkan kepada Pemkab Purbalingga untuk meregenerasi pohon kelapa di desanya, demi mendukung usaha produksi gula kelapa. 

"Banyak pemuda di Purbasari yang tertarik menjadi penderes nira, tetapi kebanyakan pohon kelapa di sini sudah terlalu tinggi. Kami berharap Pemda dapat memberikan bantuan berupa bibit unggul pohon Kelapa Genjah Entok," ujarnya.

Menurut Wahidin, pohon Kelapa Genjah Entok akan lebih mudah dan aman untuk disadap karena ketinggiannya yang rendah. Bantuan tersebut akan sangat bermanfaat, mengingat produksi gula kelapa di Purbasari kini sedang menjadi primadona. "Harga gula kelapa saat ini cukup baik, sekitar Rp 16-17 ribu per kilogram di tingkat pengepul," tambahnya.

Selain permintaan bibit kelapa, Bupati juga menerima berbagai usulan lainnya dari petani di Kecamatan Karangjambu, seperti pelatihan budidaya kapulaga, pembangunan jalan usaha tani (JUT), pompanisasi, pembangunan saluran irigasi, penyediaan alat dan mesin pertanian (alsintan), serta dukungan permodalan.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut