get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Mulai Direalisasikan Program Rehab Warung UMKM

UMKM Day, Dongkak Eksistensi Pelaku Usaha di Purbalingga

Kamis, 12 September 2024 | 20:06 WIB
header img
UMKM Day, Dongkak Eksistensi Pelaku Usaha di Purbalingga. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Untuk mendongkrak eksistensi pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Purbalingga, Pemkab setempat menggelar event yang bertajuk 'UMKM Day' di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Kamis (12/9/2024). 

Dalam kegiatan yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan SDA Setda Purbalingga serta Dinkop UKM, seluruh mini pameran, layanan UMKM, hingga photo session produk UMKM tersedia secara gratis sebagai media promosi produk-produk UMKM. Acara ini sendiri diikuti sekitar 500 pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha.


Pemkab Purbalingga menggelar event yang bertajuk 'UMKM Day' di Pendopo Dipokusumo Purbalingga. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

 

"Acara ini diperuntukkan bagi para UMKM, selain itu dari Bea Cukai Purwokerto melakukan sosialisasi terkait Gempur Rokok Ilegal. Kemudian Bea Cukai juga melakukan sharing terkait cara bagaimana agar produk UMKM bisa melakukan ekspor," kata Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Purbalingga, Gunanto Eko Saputro, saat menyampaikan laporannya.

Gunanto menjelaskan, dalam kegiatan ini juga terdapat fashion show batik Purbalingga hasil karya para pelaku usaha di bidang fashion.

Sementara menurut Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), mengatakan jika Pemkab Purbalingga jaga memberikan apresiasi dan bantuan dana hibah senilai Rp1,3 Miliar bagi para pelaku UMKM lokal.

"Para pelaku UMKM selalu berkreasi dan berinovasi agar UMKM lokal bisa terus naik kelas bahkan bisa mendunia. Bahkan berkat pelaku UMKM lokal, kita dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari -1,32 persen saat pandemi melesat menjadi 5,42 persen tahun 2022, lebih tinggi dari rata-rata Provinsi maupun Nasional. Jadi ternyata UMKM kita itu yang paling cepat pulih," ujar Tiwi.

Tiwi menjelaskan jika UMKM lokal di Kabupaten Purbalingga, diharapkan bisa terus maju, mandiri, naik kelas, berkarya, dan membanggakan nama Kabupaten Purbalingga. Ia pun mengucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan para pelaku UMKM di Kabupaten Purbalingga.

Salah satu pelaku UMKM batik tulis, Titis Nur Ika mengaku antusias mengikuti gelaran UMKM Day. Terlebih kegiatan ini menjadi ajang untuk memperkenalkan produk-produk UMKM.

"Acara ini semoga bisa bermanfaat dan menjadi ajang untuk memperkenalkan produk-produk UMKM seperti usaha saya. Harapannya seluruh pelaku usaha bisa naik kelas dan memajukan perekonomian," tutupnya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut