get app
inews
Aa Read Next : POG 2024, Cara Puhua untuk Merawat Keberagaman

Layani Kebutuhan, BPJS Kesehatan Purwokerto Hadirkan Beragam Kanal Layanan

Rabu, 18 September 2024 | 09:50 WIB
header img
BPJS Kesehatan terus memberikan layanan terbaik untuk setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-BPJS Kesehatan terus memberikan layanan terbaik untuk setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Berbagai macam kanal layanan baik tatap muka maupun tanpa tatap muka disediakan BPJS Kesehatan dalam rangka memfasilitasi kebutuhan segenap peserta JKN yang tentu memiliki beragam karakteristik.

“BPJS Kesehatan menyediakan beragam kanal layanan untuk mempermudah dan memperluas cakupan layanan. Ini bukti komitmen kami untuk terus berupaya memahami apa yang dibutuhkan peserta JKN,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Niken Sawitri pada Rabu (18/9/2024).

Ia menambahkan kanal layanan tanpa tatap muka BPJS Kesehatan menjadi jawaban bagi peserta JKN yang memiliki keterbatasan baik dari segi waktu maupun kondisi geografis.

“Kanal layanan tanpa tatap muka yang disediakan BPJS Kesehatan meliputi Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, VIKA (Call 165), Pandawa 08118165165, dan Website BPJS Kesehatan. Hadirnya kanal layanan tanpa tatap muka mampu meningkatkan kemudahan akses dan keterjangkauan bagi peserta JKN untuk mendapatkan layanan administrasi, informasi, dan penanganan pengaduan,” tutur Niken.

Niken juga berharap agar peserta JKN dapat mengoptimalisasi pemanfaatan kanal layanan tanpa tatap muka mengingat fleksibilitas layanan yang dapat diberikan. Kini BPJS Kesehatan telah hadir memberikan kemudahan layanan bagi peserta JKN yang tidak tergantung jarak dan waktu.

“BPJS Kesehatan memiliki beragam inovasi dengan menghadirkan sejumlah kanal layanan tanpa tatap muka. Peserta JKN dapat memanfaatkan kanal-kanal ini untuk menikmati beragam layanan hanya dalam satu genggaman,” jelas Niken.

Salah seorang peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), Tria Bekti (27) merasakan manfaat salah satu kanal layanan tanpa tatap muka BPJS Kesehatan, yaitu Aplikasi Mobile JKN.

“Saya sudah pakai Aplikasi Mobile JKN dan semuanya jadi lebih mudah. Kita bisa cek status keaktifan, info iuran dan banyak fitur lainnya setiap saat cuma modal handphone. Tidak perlu jauh-jauh datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan,” kata Tria.

Ia mengungkapkan benar-benar merasakan kemudahan layanan tanpa tatap muka melalui Aplikasi Mobile JKN. Sejumlah fitur unggulan dari Aplikasi Mobile JKN ini yaitu diantaranya Info Peserta, Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB), Perubahan Data Peserta, Pendaftaran Pelayanan (Antrean), Info Iuran, dan beragam fitur lainnya.

Tidak berhenti pada penyediaan kanal layanan tanpa tatap muka yang berkualitas, BPJS Kesehatan juga menyediakan sejumlah kanal layanan tatap muka, antara lain Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten/Kota, BPJS Keliling, Mal Pelayanan Publik, dan BPJS Satu. BPJS Kesehatan selalu mengedepankan kemudahan, kecepatan, dan kesetaraan untuk setiap layanannya.

Sementara Susmawati (51), salah seorang peserta JKN yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto menceritakan pengalaman pelayanan yang ia dapatkan.

“Tadi saya datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus keikutsertaan saya sebagai peserta JKN karena memang pembiayaan dari pemerintah sudah tidak aktif sejak bulan Februari lalu. Saya sudah merasakan betul manfaat dari Program JKN jadi saya daftar lagi dengan pembiayaan mandiri,” ujar Susmawati.

Dirinya merupakan peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut peserta mandiri kelas dua. Susmawati merasa puas dengan layanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto karena mudah dan tidak berbelit-belit. Respon positif juga disampaikan Nastoro (24) yang merupakan seorang peserta JKN kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

“Tadi saya meminta layanan perubahan alamat dan pindah fasilitas kesehatan yang lebih dekat dengan domisili sekarang. Pelayanannya sangat baik, cepat, dan juga ramah,” ujar Nastoro.
 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut