get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Banyumas Raih Kehumasan Terbaik Kedua di Jawa Tengah

Pemkab Banyumas Tetap Salurkan Air Bersih ke Wilayah Kekeringan Meski Mulai Turun Hujan

Jum'at, 27 September 2024 | 15:41 WIB
header img
Pemkab Banyumas Tetap Salurkan Air Bersih ke Wilayah Kekeringan Meski Mulai Turun Hujan. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Meskipun hujan telah mulai turun, namun beberapa daerah di Kabupaten Banyumas masih mengalami kekeringan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan pengiriman air ke desa-desa yang warganya kekurangan pasokan air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho, menyatakan bahwa instansinya masih menerima permohonan dari masyarakat untuk pengiriman air bersih. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk memastikan bahwa masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih dapat memperoleh bantuan.

"Kami dari BPBD Kabupaten Banyumas didukung PMI, FKUB, Baznas dan lainnya akan tetap mendistribusikan air bersih apabila ada permintaan dari masyarakat," kata Budi dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

Budi mengungkapkan jika kegiatan droping yang dilakukan selama dua hari terakir yakni pada Rabu (25/9) di Desa Prembun Kecamatan Tambak sebanyak 2 tangki, lalu di Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen sebanyak 1 tangki, Desa Kuntili Kecamatan Sumpiuh sebanyak 1 tangki. 

Kemudian di Desa Ciberung Kecamatan Ajibarang sebanyak 2 tangki, Desa Cilongok Kecamatan Cilongok sebanyak 1 tangki dan Desa Notog Kecamatan Patikraja sebanyak 1 tangki bantuan BPBD dan FKUB, serta Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen 2 tangki Desa Notog Kecamatan Patikraja 2 tangki ada bantuan dari FKUB sebanyak 3 tanki.

Lalu pada Kamis (26/9) pihaknya mendistribusikan air untuk Desa Menganti, Kecamatan Rawalo dan Desa Karanganyar, Kecamatan Patikraja masing masing 8.000 liter, Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas dan Desa Kaliwangi, Kecamatan Purwojati masing masing 5.000 liter, Desa Paningkaban, Kecamatan Gumelar 10.000 liter, Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon 15.000 liter, Desa Wlahar, Kecamatan Wangon 5.000 liter, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor dan Kelurahan Kradenan, Kecamatan Sumpiuh masing-masing 5.000 liter.

"Rencana pengiriman air bersih untuk hari ini Jum'at, 27 September 2024 untuk Desa Randegan Kecamatan Wangon 3 tangki, Desa Jurangbahas Kecamatan Wangon 2 tangki, Desa Besuki Kecamatan Lumbir 2 tangki, Kantor Kecamatan Lumbir 1 tangki," ucapnya.

Selain itu juga ada Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang 2 tangki, Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen 2 tangki, Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongok 2 tangki, Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede 2 tangki, Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas 1 tangki dan Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas 2 tangki.

Budi berharap hujan segera merata agar masyarakat yang kekurangan air segera dapat terpenuhi.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut