get app
inews
Aa Read Next : Sapphire Grup Alokasikan CSR untuk Renovasi Pos Jaga Perlintasan KA

Angkat Lakon Resolusi Jihad, Wayang Santri Semarakkan Peringatan HSN di Cilacap

Selasa, 22 Oktober 2024 | 09:38 WIB
header img
Pentas wayang santri berjudul “Perang Suci, Kisah Resolusi Jihad” ditampilkan oleh Majelis Seni Nyawiji dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Cilacap. Foto: Dok Istimewa

Ketua Panitia HSN 2024 MWCNU Kecamatan Bantarsari, Kyai Chabib Saefulloh, mengatakan pentas wayang santri merupakan salah satu bagian dari kegiatan HSN yang mengangkat potensi pengembangan seni budaya di wilayah Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap. Kyai Chabib mengapresiasi sisi kreatif upaya penceritaan sejarah dalam bentuk pementasan wayang untuk menghadirkan kontrubusi ulama dan santri mempertahankan kedaulatan Indonesia.

“Pementasannya menarik dan penonton juga membludak di lapangan. Saya juga bahagia, karena sejumlah pegiat wayang santri aktif di organisasi-organisasi di bawah NU,” kata Kyai Chabib.

Kyai Chabib juga menjelaskan kegiatan HSN 2024 di Bantarsari menyasar berbagai aspek mulai dari kegiatan sosial, seni budaya, agama. Ia menyebut kegiatan HSN di Bantarsari sudah dimulai sejak Sabtu (19/10) yakni Bahtsul Masail untuk membahas persoalan-persoalan aktual di masyarakat, lalu pawai taaruf yang diikuti para santri pada Minggu (20/10), ziaroh Masyayikh dilanjut donor darah serta wayang santri dan pengajian umum pada Senin (21/10).

“Puncak acara pada Minggu (22/10) yakni upacara HSN 2024. Intinya di HSN kami ingin menyampaikan bahwa Hari Santri merupakan perayaan bagi semua orang. Sebab itu kami menyasar berbagai kegiatan dan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ujar Kyai Chabib.

Peringatan Hari Santri Nasional di Indonesia sudah dilakukan sejak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional. Adapun pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai perayaan Hari Santri Nasional didasarkan pada tanggal ketika K.H. Hasyim Asy’ari menyerukan ajakan jihad, yang kemudian disebut sebagai Resolusi Jihad, untuk melawan tentara sekutu pada 22 Oktober 1945.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut