get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Gelombang Tinggi di Cilacap Merusak Tanggul dan Menumbangkan Pohon Cemara

Rabu, 25 Agustus 2021 | 10:24 WIB
header img
Gelombang tinggi dan angin kencang menerjang Pantai Kemiren Cilacap mengakibatkan tanggul hancur hingga menumbangkan pohon. (iNews/Heri Susanto)

CILACAP, iNews.id  - Gelombang tinggi menerjang laut pantai selatan Cilacap, Jawa Tengah, dalam beberapa hari terakhir. Gelombang tinggi dan angin kencang menyebabkan abrasi di Pantai Kemiren sejauh 5-10 meter hingga merobohkan sejumlah pohon cemara di sepanjang pantai.

Bahkan gelombang tinggi juga merusak tanggul dan mengancam tambak budi daya udang milik nelayan setempat

“Selain tanggul alami, tanggul beton yang dibangun di sejumlah titik juga hancur diterjang ganasnya gelombang tinggi,” kata Relawan Rapi,Kristian Adi Saputra, dikutip dari jateng.inews.id Rabu (25/8/2021).

“Jika terus dibiarkan, abrasi akibat terjangan gelombang tinggi akan semakin parah dan mengancam hutan cemara yang masih tersisa serta tambak budi daya udang milik nelayan,” katanya.

Prakirawan BMKG Cilacap Deaz Achmad Rifai mengatakan,  gelombang tinggi dan angin kencang akibat peralihan musim ini masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Tingginya gelombang ini tak hanya membahayakan baik untuk pelayaran maupun warga yang berada di wilayah pesisir,” katanya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut