get app
inews
Aa
Read Next : Nih, Tips Agar Tetap Sehat Menjalani Puasa di Bulan Ramadan

Wapres Ma’ruf Amin Sebut Ramadan dan Lebaran Jadi Penentu Indonesia Masuk Endemi atau Pandemi

Kamis, 31 Maret 2022 | 17:40 WIB
header img
Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA, iNews.id - Ramadan dan Hari Raya jadi indikator penting dalam menentukan Indonesia masuk fase endemi atau masih pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, dimana pemerintah telah memutuskan mengizinkan mudik dan ibadah dapat dilaksanakan secara normal.

“Hari raya, ramadan dan hari raya ini menentukan nanti akan masuk endemi atau masih di dalam pandemi,” kata Wapres di sela kunjungan kerja di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (31/2/2022).

Dia mengatakan, jika tidak ada lonjakan kasus Covid-19, maka diperkirakan bisa masuk fase endemi. Apalagi, pemerintah pun telah memutuskan tidak melarang mudik.

“Dan juga telah Lebaran nanti juga tidak terjadi lonjakan, ini berarti situasi sudah terkendali. Ke depannya kita sudah boleh berharap bahwa kita akan memasuki masa endemi, ini menurut-menurut perkiraan. Sehingga kita bisa akan normal, normal kembali,” kata Wapres.

Meskipun demikian, Wapres meminta daerah agar waspada dan mengawal mudik agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Dan kepada daerah-daerah supaya bersiap, nanti menerima kemungkinannya kan mudik akan dibuka tahun ini, kalau tidak terjadi lonjakan yang luar biasa,” ucap dia.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut