get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Prajurit Kopassus Jalani Pembaretan di Nusakambangan, Momen Haru Tanpa Kehadiran Keluarga

Kisah Bintara Kopassus Tetap Berpuasa di Tengah Desing Peluru Operasi Militer

Sabtu, 02 April 2022 | 07:55 WIB
header img
Luhut Binsar Pandjaitan (kanan bawah) bersama anak buahnya termasuk Sersan Mayor Kopassus Durman (dalam lingkaran) yang tetap berpuasa di tengah pertempuran. (Foto: FB/Luhut Binsar Pandjaitan)

BULAN puasa Ramadan bagi anggota Kopassus TNI AD Sersan Mayor Durman hal yang sangat spesial. Maka dia tak mau bulan yang penuh keberkahan tersebut berlalu begitu saja tanpa ada amalan.

Meskipun ditugaskan operasi militer di Timor-Timur atau Timor Leste, Sersan Mayor Durman tetap berpuasa. Sementara bagi Menko Maritm dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mempunyai kenangan tersendiri terhadap Sersan Mayor Durman. 

Bagaimana nilai ketakwaan Durman terhadap Allah Ta'ala dia taati dengan tetap berpuasa di bulan Ramadhan saat operasi pertempuran di Timor-Timur.

Timor-Timur sekarang bernama Timor Leste pernah berintegrasi dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelum akhirnya lepas pada 30 Agustus 1999. Banyak kisah pertempuran TNI saat melakukan operasi keamanan di tanah bekas jajahan Portugal itu.

Salah satunya ada operasi tempur pasukan elite TNI AD, Kopassus saat di Bulan Ramadhan, bulan penuh kemuliaan.

Nah ada cerita menarik disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Saat itu pada 1975–1976, Luhut bersama anak buahnya diperintahkan untuk melakukan pengamanan di Timor-Timur.

Luhut Binsar Panjaitan, pun teringat kembali seorang prajuritnya yang tetap berpuasa saat pertempuran hebat di Timor-Timur dalam Operasi Seroja.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut