get app
inews
Aa Read Next : CitiQuest dari BeOne Tech, SuperApp berbasis Teknologi Blockchain Asli Indonesia

RSUD Banyumas Luncurkan Aplikasi Sibaramas, Pengadaan Barang Jasa Lebih Mudah

Rabu, 08 September 2021 | 13:20 WIB
header img
RSUD Banyumas melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi Sibaramas. Aplikasi Sibaramas adalah sistem informasi barang dan jasa RSUD Banyumas.

PURWOKERTO, iNews.id- RSUD Banyumas melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi Sibaramas. Aplikasi Sibaramas adalah sistem informasi barang dan jasa RSUD Banyumas. Dengan aplikasi tersebut, maka pengadaan barang dan jasa di RS akan lebih mudah dalam pencatatan dan pelaporan secara cepat.

Hal itu untuk menunjang  kelancaran ketersediaan barang dan jasa yang penting untuk keberlangsungan pelayanan rumah sakit.

Direktur RSUD Banyumas dr Dani Esti Novia mengatakan bahwa aplikasi tersebut telah diluncurkan pada 27 Juli lalu. “Saat sekarang, sudah mulai uji coba hingga Desember 2021 mendatang. Targetnya, tahun 2021 semua proses pengadaan barang dan jasa di RSUD Banyumas dengan menggunakan aplikasi Sibaramas,”jelasnya pada Rabu (8/9/2021).

Sibaramas  merupakan sistem yang melibatkan banyak komponen secara terintegrasi meliputi PPTK, PPK, Pejabat Pengadaan, Pihak Ketiga (Rekanan), PJPHP, Intalasi Aset, dan Bagian Keuangan.

Dengan mengaplikasikan Sibaramas, diharapkan semua dokumen dari usulan pengadaan, surat perintah pengadaan, SPK, Dokumen SPJ dan dokumen lain terkait pengadaan barang dan jasa akan tercatat dan terdokumentasi dengan baik, sehingga pelayanan lebih cepat, tepat dan terintegrasi antara PPTK, PPK, Pejabat Pengadaan, Pihak Ketiga, PJPHP, Intalasi Aset, dan Bagian Keuangan.

“Harapan ke depan selain mempercepat dan mendokumentasikan proses pengadaan barang jasa secara terintegrasi. Data Sibaramas juga dapat digunakan untuk monitoring dan evaluasi penyerapan atau penggunaan anggaran, monitoring realisasi fisik dan keuangan (RFK), dapat digunakan sebagai data perencanaan anggaran dan perubahan anggaran rumah sakit, serta sebagai data dukung untuk pengambilan kebijakan manajemen RSUD Banyumas,”ujarnya.

Sementara Wakil Direktur Umum RSUD Banyumas yang juga inovator Sibaramas dr Noegroho Harbani, Sp.S menyampaikan bahwa Sibaramas dikembangkan melalui proses yang melibatkan banyak komponen di RS, melalui proses kajian regulasi, perencanaan program, diskusi dengan pihak-pihak terkait, penyusunan SOP, simulasi program, sosialisasi, uji coba dan revisi.

“Fitur Sibaramas mencakup antara lain progres penyerapan anggaran rumah sakit, administrasi proses pengadaan barang dan jasa secara elektronik, integrasi data Bagian Keuangan dan Instalasi Aset, serta fitur lain terkait barang dan jasa rumah sakit,”katanya.

Dengan aplikasi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangsih RSUD Banyumas dalam pengembangan sistem informasi barang dan jasa berbasis TI.

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut