Logo Network
Network

1,2 Juta Lansia Prolanis Jadi Sasaran Vaksinasi Kerja Sama BPJS dan Pemprov Jateng

Elde Joyosemito
.
Selasa, 21 September 2021 | 12:19 WIB
1,2 Juta Lansia Prolanis Jadi Sasaran Vaksinasi Kerja Sama BPJS dan Pemprov Jateng
BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Pemprov Jawa Tengah kerja sama dalam vaksinasi. Khususnya bagi lansia yang komorbid. (Foto: Elde Joyosemito)

SEMARANG, iNews.id- BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) kerja sama dalam vaksinasi. Khususnya bagi lansia yang komorbid. Nantinya, sasarannya adalah 1,2 juta lansia di Jateng yang terdaftar dalam masuk Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

Menurut Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jateng dan DIY Dwi Martiningsih, pihaknya bersama Pemprov Jateng telah meluncurkan program Vania Manis atau vaksinasi lanjut usia bersama program pengelolaan penyakit kronis 

“BPJS memiliki data jumlah lansia Prolanis. Jumlah totalnya ada 1,5 juta di Jateng. Dan ternyata yang baru vaksin baru kisaran 300 ribu. Sementara masih ada 1,2 juta yang belum divaksin,”jelasnya pada waktu Media Gathering BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jateng DiY di Ungaran, Semarang pada Senin (20/9/2021).

Dia mengatakan bahwa kerja sama vaksinasi antara BPJS Kesehatan dengan Pemprov Jateng telah dilaksanakan di Brebes dan Semarang. Setelah kedua kota dan kabupaten, nantinya akan diselenggarakan di kabupaten atau kota lainnya. “Lansia Prolanis merupakan warga lansia yang memiliki penyakit hipertensi dan diabetes. Mereka inilah yang disasar dalam vaksinasi kerja sama antara Pemprov Jateng dengan BPJS Kesehatan,”katanya.

Menurutnya, kerja sama vaksinasi antara BPJS Kesehatan dengan Pemprov Jateng merupakan bagian dari kepedulian BPJS Kesehatan pada saat pandemi seperti sekarang. “Ini bentuk kepedulian BPJS Kesehatan terhadap warga khususnya lansia komorbid,”ungkapnya.

Sementara, terkait dengan tingkat kepesertaan JKN KIS, dari 33,3 juta penduduk di Jateng dan DIY, sudah ada 82,56% yang menjadi peserta JKN. Dari jumlah tersebut, rinciannya adalah di Jateng 81,6% dari 30 juta lebih total jumlah, sedangkan di Yogyakarta tercatat sudah 92,23% dari 3,3 juta jumlah penduduk.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.