get app
inews
Aa Read Next : 96 Pemudik Asal Banyumas Ikut Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

Idul Fitri Islam Aboge pada Rabu, Begini Cara Penetapannya

Sabtu, 30 April 2022 | 10:03 WIB
header img
Masjid Saka Tunggal di Cikakak, Wangon, Banyumas. (Foto: Aryo Rizqi)

PURWOKERTO, iNews.id - Muhammadiyah telah memastikan Lebaran jatuh pada Senin (2/5/2022). Sedangkan muslim Aboge memastikan pada Lebaran menurut versi mereka jatuh pada Rabu (4/5/2022). Islam Aboge juga paling akhir menenatapkan 1 Ramadan atau awal puasa.

Sesepuh Aboge di Banyumas, Santibi, mengatakan berdasarkan perhitungan Jawa Alip Rebo Wage (Aboge) di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga tahun 2022 menentukan 1 Syawal atau Idul Fitri jatuh pada hari Rabu Kliwon 4 Mei 2022 mendatang. 

“Tahun 2022 bertepatan dengan tahun Jawa Alip atau Alif. Sedangkan dalam rumus Aboge, awal tahun Alip atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Rebo Wage,”jelas Santibi memberikan rumus perhitungan, Sabtu (30/4/2022).

Menurutnya, penetapakan awal Ramadan atau 1 Syawal, Aboge memang memiliki perhitungan sendiri. Namun, kalau untuk tata cara salat dan lain-lainnya, sama dengan lainnya. 

Hingga kini, pengikut Aboge ini antara lain berada di Komplek Komunitas adat Banokeling, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kompleks Masjid Saka Tunggal Desa Cikakak, Kecamatan Wangon.

Dalam perhitungan Aboge artinya tahun Alip jatuh pada hari Rebo Wage Jim Akir menjadi rumus penentu awal Ramadan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut