get app
inews
Aa Read Next : Ini Informasi Kartu Prakerja Purbalingga, 100 Orang Langsung Kerja di Industri

Ini Cara Cek Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 yang Diumumkan Malam Ini

Rabu, 22 September 2021 | 20:59 WIB
header img
Diumumkan malam ini, begini cara cek hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21

JAKARTA, iNews.id - Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mengumumkan hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 hari ini, Rabu (22/9/2021) pukul 20.00 WIB. Program insentif pelatihan kepada para pekerja akan berakhir di gelombang 21.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, jika ketentuan ini sesuai dengan anggaran semester II tahun ini untuk Kartu Prakerja senilai Rp21,2 trilun.

Selanjutnya, PMO Program Kartu Prakerja akan memantau kepesertaan yang telah lolos gelombang 18 hingga 21 untuk membelanjakan dana pelatihan yang diberikan paling tidak 30 hari setelah dinyatakan lolos menjadi peserta Prakerja.

"Nanti total kepesertaan yang dicabut akan dipulihkan dalam gelombang tambahan," kata Louisa, Rabu (22/9/2021).

Kendati demikian, Louisa tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait kapan gelombang tambahan itu akan dibuka. Sebab, untuk gelombang 21 saja perlu waktu 30 hari untuk membelanjakan pelatihan.

"Yang pasti tidak dalam waktu dekat karena peserta gelombang 21 masih memiliki 30 hari dari hari ini untuk membeli pelatihan pertama," ujarnya.

Adapun peserta Kartu Prakerja akan menerima sejumlah insentif dari pemerintah berupa uang bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta yang bisa dibelanjakan untuk membeli kelas pelatihan yang sudah bekerja sama dengan PMO Prakerja. 

Adapun kuota untuk Gelombang 21 sebanyak 754.929 peserta. Nah, untuk mengecek lolos atau tidak seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21, berikut caranya:

1. Melalui dashboard Prakerja

Cara pertama untuk mengecek hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 melalui dashboard pada laman Prakerja.

Lakukan login dengan akun masing-masing. Jika muncul keterangan 'Pendaftaran sedang dalam evaluasi', artinya proses seleksi dan verifikasi masih berlangsung.

Jika lolos, nomor Kartu Prakerja dan status saldo akun muncul di dashboard akun. Namun, jika tidak lolos, akan terdapat keterangan 'Kamu Belum Berhasil'. Untuk mengetahui alasan tidak lolos Prakerja bisa dilihat di riwayat gelombang pada dashboard.

2. Melalui pesan singkat (SMS)

Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 21 juga bisa diketahui lewat pesan singkat atau SMS. Peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja akan mendapatkan notifikasi dari manahemen pelaksana Kartu Prakerja. SMS tersebut akan dikirim ke nomor handphone yang didaftarkan saat membuat akun Prakerja. Jadi pastikan, nomor handphone aktif.

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut