get app
inews
Aa Read Next : UMP Siapkan 5.900 Kursi Mahasiswa Baru, Ini Daftar Program Studi yang Dibuka

UMP Buka Pendaftaran Pertukaran Pelajar Mahasiswa 2022

Kamis, 12 Mei 2022 | 20:05 WIB
header img
Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). (Foto: Humas UMP)

PURWOKERTO, iNews.id - Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek yang telah membuka Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Tahun 2022. Dalam kesempatan itu, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) diberikan kuota untuk dapat menerima sebanyak 200 mahasiswa dari luar pulau Jawa.

Program ini diwujudkan untuk mahasiswa agar dapat menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan Perguruan Tinggi asal.

Khusus untuk mahasiswa luar jawa, UMP Banyumas, Jawa Tengah membuka pendaftaran PMM 2022. Dalam program ini telah tersedia 12 Program Studi (Prodi) dan 99 mata kuliah di kampus swasta terbesar di Purwokerto itu. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Aman Suyadi MP mengatakan, program PMM di UMP ini diharapkan mampu memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan, dan pengalaman agar lebih menghormati dan merasakan keberagaman Indonesia sebagai salah satu keunggulan pemersatu bangsa ini. 

Selain itu, lanjut Aman, mahasiswa juga diharapkan dapat memperluas dan memperdalam pengetahuannya dalam bidang akademik dan non akademiknya. 

“Tujuan program ini tidak lain untuk meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam mengelola program pertukaran mahasiswa. Selain itu juga sebagai stimulus untuk memunculkan kerja sama lintas perguruan tinggi,” jelasnya, Kamis (12/5/2022) di Purwokerto. 

Sementara itu, Koordinator Kegiatan MBKM UMP Laily Nurlina mengatakan, untuk kriteria calon pendaftar mahasiswa PMM yakni mahasiswa aktif di bawah Kemendikbudristek, terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), dan duduk pada semester dua sampai enam saat periode pendaftaran. Belum pernah mengikuti Program PMM Tahun 2021. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut