get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Bawa Poster Saat Kunjungan Presiden di Cilacap, Polda Jateng Sebut Tak Ada Penangkapan Warga

Jum'at, 24 September 2021 | 19:17 WIB
header img
Dua orang saat diamankan petugas kepolisian dan anggota ormas (Foto Aryo Rizqi/iNews.id).

CILACAP, iNew.id - Polda Jateng mengakui jika ada beberapa orang yang hendak menyampaikan aspirasi hingga difasilitasi untuk dipertemukan dengan dinas terkait saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Cilacap, Kamis (23/9) kemarin. Namun tidak ada penangkapan ataupun penahanan kepada warga yang membawa poster.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, mengatakan jika pada kunjungan tersebut memang terdapat ratusan orang dari Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang ingin menyalurkan aspirasi agar keinginan mereka untuk bekerja di luar negeri terpenuhi.

"Ada beberapa petugas dari Polri dan serta stakeholder terkait yang melihat kejadian itu. Mereka didatangi dan ditanya tentang kenapa mereka bergerombol. Ini kan masa pandemi," kata Iqbal dalam rilisnya kepada wartawan, Jumat (24/9/2021).

Menurut dia, Calon Pekerja Migran Indonesia itu diketahui membawa sejumlah poster yang antara lain berisi tulisan 'Pak Jokowi tolong buka GTOG Korea', 'Tolong kami pak Jokowi, CPMI mangkrak 2 tahun,' serta 'Kami pahlawan devisa #save CPMI GTOG Korea Selatan'.


Foto bersama beberapa orang yang hendak menyampaikan aspirasi (Foto: Dok Polda Jateng)

Ratusan anggota CPMI tersebut sangat kooperatif, dan disebut Iqbal sama sekali tidak ada upaya kekerasan.

Bahkan menurut dia, sempat diadakan dialog, dan mereka menyampaikan kesulitan karena setelah menerima pelatihan untuk ke luar negeri, tapi hingga saat ini belum ditempatkan oleh agen tenaga kerja. Bahkan mereka setuju ketika diberikan alternatif agar langsung bertemu dengan pejabat Disnakertrans setempat. 

"Intinya, kita mengundang mereka berkoordinasi dan menyalurkan aspirasi mereka ke instansi terkait. Perwakilan CPMI yang hadir 6 orang. Kami juga mengkoordinasikan hal ini dengan Disnakertran setempat. Setelah kita berdiskusi, mereka mengucapkan terima kasih dan berfoto bersama," ujarnya.

Hingga akhirnya mereka memahami bahwa selama pandemi kebijakan utama pemerintah adalah mengutamakan keselamatan warganya di semua sektor termasuk pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.

 

Baca Juga: Video Hendak Bentangkan Poster Saat Presiden Jokowi Lewat, 2 Warga Cilacap Diamankan

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut