get app
inews
Aa Read Next : Ini Respon Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfhi yang Diisukan Maju Cagub

Novel Baswedan Direkrut Jadi ASN Polri, Kadiv Humas: Aturan Masih Digodok

Rabu, 29 September 2021 | 10:32 WIB
header img
Novel Baswedan. (Foto: Antara)

JAKARTA,iNews.id - Mabes Polri berencana akan menjadikan Novel Baswedan dan 52 rekannya yang tak lolos tes wawasan kebangsaaan (TWK) KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

"Semuanya sama (Ingin ditarik ke Polri termasuk Novel Baswedan )," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dihubungi, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Kendati begitu, Argo belum dapat menuturkan lebih lanjut mengenai mekanisme atau proses perpindahan pegawai antarinstitusi tersebut. Ia mengatakan, aturan tersebut masih akan digodok dan dikoordinasikan dengan institusi terkait.

"Kami menggandeng (BKN dan KemenpanRB). Tunggu saja, nanti disampaikan," ujar Argo.

Dijelaskan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pihaknya sudah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendapat restu akan permohonan itu.

"Berkirim surat kepada Pak Presiden untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri terkait pengembangan tugas-tugas di Bareskrim Polri, khususnya Dittipidkor (Direktorat Tindak Pidana Korupsi)," kata Sigit, Selasa (28/9/2021).

Dalam hal ini Sigit mengungkapkan, ada tugas-tugas tambahan di Korps Bhayangkara terkait dengan upaya pencegahan dan mengawal program penanggulangan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Oleh sebab itu, eks Kapolda Banten menyatakan, pegawai KPK yang tak lulus dapat menjadi ASN di Polri. Gayung bersambut, Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, telah memberikan sinyal positif atau mengizinkan.

"Prinsipnya beliau (Presiden) setuju 56 orang pegawai KPK tersebut untuk menjadi ASN Polri," ujar Sigit.

Ia mengatakan, organisasi akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI. Mekanisme pemindahan tersebut, kata dia, akan didiskusikan lebih lanjut.

"Karena kami melihat terkait dengan rekam jejak dan tentunya pengalaman tipikor tentunya sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi yang saat ini kita kembangkan untuk memperkuat organisasi Polri," tutup Sigit.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut