Logo Network
Network

Kapal Motor Karya Indah Terbakar di Perairan Pulau Lifamatola Maluku Utara

Tim iNews.id
.
Sabtu, 29 Mei 2021 | 11:48 WIB
Kapal Motor Karya Indah Terbakar di Perairan Pulau Lifamatola Maluku Utara
Tangkapan layar kapal KM Karya Indah terbakar dengan penumpang berlompatan ke laut. (Foto: Instagram/Ndrobeii)

TERNATE, iNews.id - Kapal Motor (KM) Karya Indah tujuan Ternate-Sasana terbakar di perairan Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Insiden kebakaran kapal ini terjadi pada Sabtu (29/5/2021) pagi. 

Dilansir iNewsMaluku.id, dari rekaman video yang beredar, api terlihat di salah satu ruang kabin kapal. Lalu asap hitam kecoklatan tampak membubung tinggi. Ada 181 penumpang yang ikut dalam pelayaran kapal tersebut. Mereka tampak bersiap-siap untuk evakuasi sambil menggunakan life jacket. Beberapa orang di antaranya anak-anak dan perempuan.

Sebanyak 181 penumpang KM Karya Indah yang terbakar di perairan Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, dievakuasi dalam kondisi selamat. Mereka mengaku terjun ke laut setelah memakai life jacket. 

Seorang penumpang, Ali Sadad Jainahu mengatakan, kebakaran kapal terjadi sekitar pukul 07.00 WIT. Api diduga berasal dari mesin, kemudian merembet ke badan kapal.

"Kami panik melihat api dari belakang kapal. Lalu dari kamar mesin semakin membesar," kata Ali Sadad saat dikonfirmasi iNews, Sabtu (29/5/2021). 

Para penumpang kemudian menyelamatkan diri mejauhi titik api ke arah anjungan kapal. ABK kemudian memberikan life jacket, dan para penumpang ini melompat ke laut.

"Kami terapung di perairan laut kurang lebih selama dua jam, baru ada pertolongan. Alhamdulillah kami selamat semua," ujar dia. 

Sementara itu Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, lokasi kebakaran kapal ini tepatnya berada di lima mil arah timur laut Pulau Lifamatola. "Setelah menerima informasi, tim SAR Sanana berangkat menuju ke TKP menggunakan RIB 01. Petugas kemudian mengevakuasi korban dan semuanya dalam keadaan selamat," ujarnya. 

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.