get app
inews
Aa Read Next : Harta Karun Bukan Isapan Jempol, Ini 5 Penemuan Spektakuler di Indonesia Salah Satunya di Klaten

Harta Karun dari Kapal Karam Ini Pernah Ditemukan di Indonesia, Nilainya Fantastis! 

Senin, 13 Juni 2022 | 11:53 WIB
header img
Ilustrasi harta karun (Foto: doc.MNC media)

JAKARTA, iNews.id - Negara Indonesia merupakan negara maritim yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan laut. Tak heran jika banyak temuan fantastis di perairan Indonesia. 

Salah satunya adalah temuan harta karun dari kapal karam yang ditemukan di wilayah perairan Indonesia. Penemuan semacam ini pun menggegerkan warga lantaran ada emas, uang, perhiasan, dan sejumlah barang bernilai tinggi. 

Ada yang ditemukan setelah terjadinya musibah tsunami Aceh. Ada pula harta karun yang disebut-sebut sebagai keramat nabi. Hingga ada yang sampai diperebutkan oleh Pemerintah Indonesia dengan pencuri asing. 

Berikut penemuan harta karun dari kapal karam di Indonesia dikutip dari iNews.id: 

1. Harta Karun di Bangkai Kapal Karam Pulau Belitung

Harta ini berasal dari kapal layar yang tenggelam saat mengarungi lautan dari Afrika ke China sekitar 830 Masehi lalu.  Kapal ini tenggelam di titik 1,6 kilometer (km) lepas pantai Pulau Belitung. 

Seorang direktur perusahaan beton asal Jerman yang Bernama Tilman Walterfang ikut andil dalam penemuan ini.  Dia menyelam ke dasar laut. Sebanyak 60.000 artefak berhasil ditemukan oleh tim Walterfang di dasar laut. 

Barang-barang yang ditemukan berupa emas, piala perak dan piring yang berusia 1.200 tahun.  Pihak Shanghai, Singapura dan Doha saling berlomba untuk membelinya karena harta ini memiliki sejarah besar. 

Editor : Arif Syaefudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut