Fenomena Langka, 5 Planet Sejajar Terjadi Besok Pagi

Tangguh Yudha
Fenomena 5 Planet Sejajar Terjadi Besok (Foto: NASA/JPL-Caltech)

JAKARTA, iNews.id - Fenomena langka akan terjadi pada 24 Juni 2022 besok. 5 planet akan berada di posisi sejajar jika dilihat dari bumi.

Fenomena astronomi dari kelima planet yang berada di posisi sejajar ini diantaranya planet Mars, Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus. Sejajarnya kelima planet ini juga akan memberikan dampak nyata pada kehidupan di bumi.

Salah satu dampak yang dapat dirasakan sama seperti dampak yang terjadi ketika fenomena gerhana Matahari atau Bulan. Dimana fenomena 5 planet sejajar dapat mempengaruhi tinggi rendahnya gelombang air laut. 

Fenomena lima planet sejajar ini juga dapat disaksikan secara langsung dari rumah. Menariknya, fenomena langka ini bisa dilihat tanpa memerlukan alat khusus.

"Kesempatan langka untuk melihat hal yang dapat disaksikan dari rumah dengan mata telanjang selama cuaca cukup cerah," kata peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Profesor Beth Biller.

Sementara itu, peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah.

"Sejak awal fajar astronomis atau 75 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat," ujar Andi.

 

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network