Hewan yang Kawin Sesama Jenis Ada 1.500 Spesies

MPI
Hewan yang kawin sesama jenis bisa disimak sebagai pengetahuan umum dan menambah wawasan netizen. (Pixebay)

HEWAN yang kawin sesama jenis bisa disimak sebagai pengetahuan umum dan menambah wawasan netizen. 

Diketahui dari hasil penelitian ada sekitar 1.500 spesies hewan diketahui mempraktikkan hubungan sesama jenis.

Misalnya  serangga, ikan, burung, dan mamalia. Perilaku hewan yang kawin sesama jenis ditemukan di antara burung dan mamalia sosial, terutama mamalia laut dan primata. 

Berikut ini hewan yang kawin sesama jenis, yakni:

1. Lumba-lumba
Hidung Botol Baik lumba-lumba hidung botol betina dan jantan menunjukkan perilaku kawin sesama jenis. Termasuk tindakan oral di mana satu lumba-lumba merangsang yang lain dengan moncongnya.

Di dunia lumba-lumba hidung botor, aktivitas kawin sesama jenis terjadi dengan frekuensi yang hampir sama dengan permainan heteroseksual. Lumba-lumba hidung botol jantan umumnya biseksual tetapi mereka mengalami periode menjadi homoseksual secara eksklusif.

2. Singa
Kawin sesama jenis juga umum di antara singa. Dua hingga empat jantan sering membentuk apa yang dikenal sebagai koalisi, di mana mereka bekerja sama untuk mengawini singa betina. Untuk memastikan kesetiaan, singa jantan memperkuat ikatan mereka dengan berhubungan seks satu sama lain. Banyak peneliti menyebut perilaku ini sebagai "bromance" klasik daripada pasangan homoseksual.

3.Jerapah
Hewan berleher panjang ini diketahui lebih banyak melakukan kawin sesama jenis daripada lawan jenis. Faktanya, penelitian mengatakan kawin sesama jenis menyumbang lebih dari 90 persen dari semua aktivitas seksual yang diamati pada jerapah.

4. Bison
Aktivitas kawin sesama jenis antara bison jantan lebih umum daripada kopulasi heteroseksual. Itu karena banteng betina hanya kawin dengan banteng jantan sekitar setahun sekali. Selama musim kawin, pejantan yang mendapatkan dorongan untuk melakukan aktivitas sesama jenis beberapa kali sehari. Jadi, lebih dari 50 persen bison jantan muda melakukan aktivitas kawin sesama jenis menunggu bison betina siap kawin dengan mereka.

5. Kera
Kera betina dan kera jantan juga terlibat dalam aktivitas kawin sesama jenis. Tapi kera jantan biasanya hanya melakukannya untuk satu malam, sedangkan betina membentuk ikatan yang kuat satu sama lain dan biasanya monogami.

Di beberapa populasi kera, perilaku kawin sesama jenis di kalangan betina tidak hanya umum, tetapi juga menjadi norma. Saat tidak kawin, betina ini tinggal berdekatan untuk tidur dan merawat, serta saling melindungi dari musuh atau predator.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network