Waspada, Akhir Pekan Ini Roket Raksasa Seberat 22 Ton Milik China Jatuh ke Bumi

Anton Suhartono
Awas roket raksasa China, Long March 5B, akan melaju tanpa terkendali menghantam Bumi dalam kecepatan tinggi pada Minggu (Foto: Reuters)

BEIJING, iNewsPurwokerto.id - Awas roket raksasa China, Long March 5B, akan melintasi atmosfer Bumi pada akhir pekan ini. Puing-puing roket yang diperkirakan melaju tanpa terkendali itu akan menghantam Bumi dalam kecepatan tinggi, meski akan melalui lapisan atmosfer terlebih dahulu.

Pergerakan Long March 5B terus dipantau oleh pemerintah China. Roket itu diluncurkan belum lama ini untuk mengantar modul laboratorium stasiun luar angkasa China yang sedang dalam pembangunan.


Roket Long March 5b akan menghujam Bumi pada akhir pekan ini (Grafis: MAP)

Roket besar Long March China merupakan roket ketiga sejak diluncurkan pada 2020. Seperti dua misi sebelumnya, seluruh tahap inti utama roket yang memiliki panjang sekitar 30 meter dengan berat 22 ton, telah mencapai orbit rendah dan kemudian jatuh ke Bumi.

Para ahli dari Amerika Serikat (AS) memperkirakan, gesekan di atmosfer tak akan menghancurkan roket sepenuhnya sehingga masih ada bongkahan cukup besar yang menghujam Bumi. Puing-puing itu akan menghujam sejauh 2.000 km pada area sekitar 70 km.

Lokasi kemungkinan jatuhnya puing-puing belum bisa ditentukan saat ini, namun para ahli masih bisa mempersempit zona terdampak dalam beberapa hari mendatang.

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network