Kebakaran Tangki di Kilang Minyak Cilacap Padam, Begini Kondisinya

Elde Joyosemito
Pejabat Pertamina RU IV Cilacap menunjukkan kawasan tangki benzene yang terbakar. (Foto: Elde Joyosemito)

CILACAP, iNews.id- Setelah para pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api di Area 39 sekitar tangki benzene selama 1,5 hari, pada Minggu (13/6/2021). Api benar-benar dapat dipadamkan secara tuntas jam 10.50 WIB.

Bahkan, Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono mengatakan bahwa dirinya bersama dengan GM Pertamina RU IV Joko Pranoto ikut fighting memadamkan api. “Lihat baju kami yang kotor, karena kami tadi ikut fighting di lapangan. Dan ternyata tidak apa-apa kan, masih sehat walafiat. Yang terbakar bukan bahan yang berbahaya,”ungkap Djoko ketika menjawab pertanyaan wartawan pada Minggu (13/6/2021).

Djoko mengatakan tim pemadam kebakaran secara ofensif telah melakukan upaya pemadaman selama 1,5 hari. “Kawan-kawan di lapangan secara ofensif melaksanakan pemadaman yang dimulai pada saat munculnya api,”kata dia.

Saat sekarang, api sudah benar-benar padam sambil menunjukkan gambar CCTV pada tangki yang terbakar. Dari CCTV yang bertuliskan Pos Kantil tersebut terlihat bahwa kawasan di sekitar tangki benzene di T 203 dan T 205 sudah tidak ada apinya.

“Namun, tim di lapangan masih terus melakukan pendinginan dilakukan penyemprotan foam di lokasi kejadian. Selain itu berdasarkan pengukuran temperatur di tangki adalah 35 derajat Celcius. Sehingga sudah bisa dipastikan padam,”katanya.

Djoko mengatakan bahwa sampai sekarang masih dalam proses investigasi. Karena pada awal, memang fokus awal pada pemadaman terlebih dahulu.

Sementara Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi mengatakan masih melakukan penyelidikan mengenai sebab-sebab kebakaran. Salah satu faktornya adalah alam. Tetapi bisa juga faktor lainnya. “Polisi sudah melakukan investigasi dan digtal foremsi CCTV serta memeriksa sejumlah saksi,”jelasnya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network